Monday, 20 May 2019

Kebakaran di Krukut, Taman Sari, Ribuan Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Minggu, 17 Maret 2019 — 10:05 WIB
Warga korban kebakaran mengungsi di Masjid Al-Aman dan Masjid Al-Ikhlas di RW 05 Jalan Talib 2, Kelurahan Krukut, Jakbar. (rachmi)

Warga korban kebakaran mengungsi di Masjid Al-Aman dan Masjid Al-Ikhlas di RW 05 Jalan Talib 2, Kelurahan Krukut, Jakbar. (rachmi)

JAKARTA – Sedikitnya 2.060 jiwa di 8 RT di RW 05 Jalan Talib, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, kehilangan tempat tinggal akibat amukan si jago merah, Minggu (17/3/2019). Warga kini mengungsi di dua masjid dan berharap bantuan logistik, pakaian layak huni hingga material bangunan dari pemerintah.

“Api cepat banget membesarnya. Saya dan suami enggak sempat nyelamatin harta benda yang penting kami sekeluarga selamat,” kata Neneng, warga RT 02 RW 05 Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakbar, yang bersama kedua anak dan suami mengungsi ke Masjid Al-Aman di RW 05 Krukut, Minggu (17/3/2019).

Neneng kebingungan memikirkan kedua anaknya yang pada Senin (18/3/2019) harus tetap bersekolah seperti biasa. Padahal seragam sekolah dan keperluan lainnya semua ludes terbakar.

Tak urung Neneng dan warga korban kebakaran lainnya mendesak aparat segera turun tangan untuk membantu warga yang tengah ditimpa musibah itu.

Namun sebagian warga lainnya juga berharap Pemprov DKI Jakarta dapat bersikap bijak dengan membantu mereka berupa material bangunan. Selain bantuan logistik, pakaian layak huni maupun pengurus berbagai dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah, dan ijazah.

“Kami tidak mau kelamaan mengungsi, jadi mohon kebijakan Gubernur DKI berupa material bangunan supaya kami bisa segera memperbaiki rumah yang terbakar. Terlebih dua bulan lagi kan puasa Ramadhan,” tandas Salmah, warga RT 05 RW 05 Kelurahan Krukut.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakbar, Rompis Romlih menjelaskan pihaknya mengerahkan 34 armada penjinak api plus pendukung. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting arus pendek listrik.

Camat Taman Sari, Risan mengatakan dalam insiden kebakaran itu beberapa warga terluka akibat terkena paku dan reruntuhan asbes, sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat,” katanya.

Sekcam Taman Sari, Pangestu Aji didampingi Lurah Krukut, Agus Setiawan menambahkan hasil pendataan sementara tercatat 506 rumah terbakar yang dihuni 2.060 jiwa (665 KK). Warga tersebut mengungsi di Masjid Jami Al Aman dan Masjid Al-Ikhlas RW 05 Jalan Talib 2.

“Kami menyiapkan pos medis dan dapur umum. Bantuan logistik sudah dikirim Dinas Sosial dan BPBD DKI,” ujarnya. (rachmi/ys)