Friday, 22 March 2019

Fulham vs Liverpool

Misi Ambil Alih Takhta Klasemen

Minggu, 17 Maret 2019 — 13:00 WIB
Penyerang Liverpool,  Sadio Mane bersama bek Virgil van Dijk merayakan kemenangan setelah lolos ke 8 besar Liga Champions. (reuters)

Penyerang Liverpool, Sadio Mane bersama bek Virgil van Dijk merayakan kemenangan setelah lolos ke 8 besar Liga Champions. (reuters)

INGGRIS – Kesempatan untuk mengambil alih pimpinan klasemen Liga Primer Inggris kembali dimiliki ‘Si Merah’ Liverpool sebelum jeda internasional. Kesempatan itu datang saat tim asuhan Jurgen Klopp menyambangi Fulham di Craven Cottage, Minggu (17/3/2019) pukul 21:15 WIB.

Absennya Manchester City di Liga Primer karena bentrok dengan Swansea City di ajang Piala FA, tentu sebuah kesempatan bagi Liverpool untuk kembali menduduki tahta klasemen sementara Liga Primer. Saat ini tim asuhan Klopp berada di urutan kedua tangga klasemen dengan 73 poin dari 30 laga. Mereka tertinggal satu angka dari City di pucuk klasemen. Artinya, hanya kemenangan atas Fulham yang membawa Liverpool kembali bisa menduduki tahta klasemen.

Bisa menduduki tahta klasemen sebelum jeda internasional, adalah hal yang menguntungkan bagi Si Merah. Karena tidak sedikit pemain yang mengalami cedera usai membela negara selama jeda internasional.

Hal itu diakui sendiri oleh gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum. “Akan menjadi periode yang sangat penting bagi kami jika kembali memimpin klasemen. Saya pikir kami membutuhkan segalanya dalam periode-periode semacam ini,” akunya, dikutip Liverpool Echo.

“Tidak hanya karena kami akan memainkan laga-laga penting setelah jeda internasional, tapi juga karena ketatnya persaingan dalam perburuan gelar. Kami masih akan bertemu dengan Totenham Hotspur dan Chelsea di liga serta FC Porto di Eropa (Liga Champions) setelah jeda internasional. Dalam kondisi seperti ini, Anda membutuhkan kekuatan penuh dari tim dan memimpin klsemen,” jelasnya.

Untuk mencuri poin penuh dari kandang Fulham, memang bukan perkara sulit bagi Sadio Mane dan kolega. Terlebih setelah mereka mampu mendepak tim sekelas Bayern Munchen dengan agregat 3-1 di Allianz Arena, tengah pekan lalu.

Rasa percaya diri Si Merah untuk mencuri kemenangan, kian bertambah besar, merujuk pada performa negatif Fulham, beberapa laga terakhir. Tim asuhan Scott Parker itu belum pernah menang dalam enam laga terakhir di Liga Primer.

Kemenangan terakhir Fulham terjadi saat mereka menekuk Brighton & Hove Albion 4-2 pada 29 Januari lalu. Pun demikian, tekad Fulham untuk keluar dari jeratan degradasi, tetap harus diwaspadai Liverpool pada laga nanti.

Saat ini Fulham berada di urutan kedua dari bawah dengan 17 poin. Mereka tertinggal 13 dari batas akhir zona aman, hunian Burnley. Pada laga lainnya di hari yang sama, Everton bakal kedatangan Chelsea di Goodison Park. (junius/ys)

Fulham v Liverpool
Minggu (17/3/2019), 21:15 WIB
Craven Cottage
REKOR PERTEMUAN:
11/11/18, Liverpool vs Fulham 2-0
13/02/14, Fulham vs Liverpool 2-3
09/11/13, Liverpool vs Fulham 4-0
12/05/13, Fulham vs Liverpool 1-3
PRAKIRAAN PEMAIN:
Fulham (4-3-3): Rico (g); Odoi, Nordtveit, Ream, Bryan; Seri, Chambers, Cairney; Babel, Mitrovic, Sessegnon.
Liverpool (4-3-3): Alisson (g); Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Lallana, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.