Tuesday, 21 May 2019

Pemkot Jakbar Targetkan 4 Kawasan Unggulan Sesuai RPJMD

Minggu, 17 Maret 2019 — 14:49 WIB
Walikota Jakbar, Rustam Effendi. (rachmi)

Walikota Jakbar, Rustam Effendi. (rachmi)

JAKARTA – Pemkot Jakarta Barat menargetkan empat kawasan unggulan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Keterlibatan seluruh satuan/unit kerja perangkat daerah (SKPD/UKPD) mutlak diperlukan.

Walikota Jakbar, H. Rustam Effendi menjelaskan empat kawasan unggulan tersebut meliputi Sentra Primer Baru Barat (SPBB) Kembangan, Sentra Ikan Hias Cupang Slipi, Hutan Kota Rawa Buaya dan Sentra Flora Fauna Semanan.

“Program empat kawasan unggulan kini memasuki tahun ketiga dari jadwal program pada tahun 2022 sesuai RPJMD Jakbar. Namun penanganannya harus terpadu dan kompak agar target tercapai,” kata Rustam, Minggu (17/3/2019).

Rustam berpendapat jika SKPD/UKPD terkait tidak kompak dan tanpa koordinasi dalam membangun di ke-4 kawasan unggulan itu, dipastikan hasilnya tidak maksimal dan permasalahanya tak kunjung selesai.

Untuk itu ia minta jajaran terkait dalam penanganan kawasan unggulan harus saling bersinergi. Seraya membahas bersama terkait rumusannya.

“SKPD dan UKPD jangan sendiri-sendiri, perlu di-mapping masalahnya apa saja. SKPD/UKPD mana saja yang terlibat dan apa saja tanggung jawab kerjanya,” ujar Walikota Jakbar.

Ia mencontohkan penanganan di kawasan SPBB Kembangan yang terkesan parsial. Buktinya, trotoar di kawasan Kembangan yang masuk zona SPBB sudah mentereng. Hanya saja tidak diikuti SKPD/UKPD terkait lainnya, sehingga permasalahan klasik tidak tuntas antara lain parkiran amburadul. Begitu pula dengan penataan taman dan pedagang serta berbagai aspek lainnya.

Kondisi yang belum maksimal lanjut Rustam, juga terjadi di kawasan Sentra Ikan Cupang Slipi. Ia menyayangkan sempitnya akses ke lokasi sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung. Selama ini penanganan yang dilakukan masih terfokus pada tempat dan pengelolaan ikan, sehingga akses jalan dan hal lainnya tidak tersentuh. (rachmi/ys)