Monday, 20 May 2019

Puluhan Anggota PPSU Dilatih Olah Sampah jadi Duit

Minggu, 17 Maret 2019 — 7:15 WIB
Petugas PPSU membawa  sampah ke bank sampah.  (wandi)

Petugas PPSU membawa sampah ke bank sampah. (wandi)

JAKARTA – Puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kebagusan, mengikuti sosialisasi peluncuran Bank Sampah Belimbing di Kantor Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dimaksudkan agar petugas PPSU ini bisa memilah mana sampah yang bermanfaat atau tidak.

Lurah Kebagusan Leo Yodhantara Harahap mengatakan, 73 orang mengikuti pelatihan ini. Menurutnya, sampah merupakan produk limbah manusia yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

“Dengan pemahaman pengolahan sampah yang tepat, tidak hanya dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan namun juga kenyamanan bagi lingkungan. Makanya kami mengharapkan para petugas PPSU akan lebih semangat lagi, “kata Leo Yodhantara, Sabtu (16/3).

Sekretaris Kelurahan Mohamad Yohan, yang mempimpin pelatihan ini menambahkan, sampah sudah memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jika pandai mengolahnya, maka tidak hanya keuntungan, manfaat kenyamanan lingkungan pun dapat tercipta.

“Makanya bank sampah ini perlu diteruskan pengelolaan. Nantinya akan dikelola oleh tim PPSU Kelurahan Kebagusan, selain itu bank sampai ini juga bisa dimanfaatkan warga sebagai solusi pemanfaatan limbah sampah langsung dari sumbernya,” ujar Yohan.

Menurutnya, memang sebelumnya sudah terdapat bank sampah di wilayah Kelurahan Kebagusan. Namun tidak adanya pengelola menjadikan bank sampah tersebut pasif dan tidak dilanjutkan lagi kegiatannya.

“Saya berharap nantinya Bank Sampah Belimbing ini dapat berjalan dengan baik dan dimanfaatkan oleh warga kedepannya,” imbuhnya. (wandi/b)