Friday, 22 March 2019

Sesumbar Valverde dan Ancaman Betis

Minggu, 17 Maret 2019 — 10:00 WIB
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. (reuters)

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. (reuters)

SPANYOL – Kedatangan Zinedine Zidane ke Real Madrid tidak membuat kubu Barcelona, panik. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde bahkan mulai sesumbar bisa melewati semua hadangan demi meraih gelar La Liga Spanyol musim ini, termasuk saat melawat Real Betis Stadion Benito Villamarín, Senin (18/3/2019) pukul 02:45 WIB.

Dengan 11 laga tersisa di La Liga musim ini, Barcelona masih memimpin klasemen sementara. Dengan total 63 poin, tim asuhan Ernesto Valverde itu unggul tujuh angka dari rival terdekat, Atletico Madrid di urutan kedua. Sedangkan Madrid yang kembali ditukangi Zidane berada di urutan ketiga dengan 51 poin. Artinya, Barcelona masih butuh kemenangan, minimal sembilan laga lagi untuk mempertahankan gelar La Liga, musim ini.

Hal itulah yang membuat Valverde optimis, Barcelona sulit dikejar oleh Atletico maupun Madrid yang kini ditukangi Zidane. “Dia (Zidane red) adalah pelatih yang hebat. Dia telah bergabung dengan klub yang juga hebat. Mereka (Madrid red) jelas akan menjadi rival kami di bawah asuhannya dalam hal perebutan gelar juara. Tapi saya optimis kami akan menjadi juara karena kami sulit dikejar dalam kondisi seperti ini,” sesumbar Valverde, seperti dikutip El Mundo Deportivo.

Sesumbar Valverde tentunya jadi sebuah motivasi bagi Betis untuk menghambat laju Barcelona. Apalagi tim tetangga Sevilla itu sejatinya pernah membuat Barcelona kerepotan pada pertemuan pertama di Camp Nou, bulan November 2018 lalu. Saat itu tim besutan Quique Setien itu bungkam Barcelona dengan skor tipis 4-3. Kali ini, Betis di depan publik sendiri, tentu akan lebih percaya diri untuk mengulangi kemenangan tersebut.

Terlebih rambahan tiga angka pada laga nanti, akan membawa Betis untuk bersaing dengan tetangganya, Sevilla dalam perebutan tiket ke Eropa di papan klasemen. Dengan total 39 poin dari 27 laga, saat ini Betis hanya tertinggal satu angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Sevilla.

“Akan sangat membanggakan jika ada dua tim dari Andalusia berlaga di sana (panggung Eropa) musim depan,” kata gelandang sekaligus kapten Betis, Joaquín.

Oleh karena itulah Betis kemungkinan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini dan siap menampilkan kekuatan penuh pada laga nanti. Di sisi lain, Barcelona yang baru saja mendepak Olympique Lyon dengan agregat 3-1 dari Liga Champions, juga datang dengan kekuatan penuh.

Pada laga lainnya di hari yang sama, Sevilla sambangi Espanyol, Eibar menjamu Real Valladolid, Valencia versus Getafe, dan Villarreal disambangi Rayo Vallecano. (junius/ys)

Real Betis vs Barcelona
Senin (18/3/2019), 02:45 WIB
Stadion Benito Villamarín
REKOR PERTEMUAN:
11/11/18, Barcelona vs Betis 3-4
22/01/18, Betis vs Barcelona 0-5
21/08/17, Barcelona vs Betis 2-0
29/01/17, Betis vs Barcelona 1-1
PRAKIRAAN PEMAIN:
Betis (3-5-3): Lopez (g); Mandi, Bartra, Sidnei; Joaquin, Canales, William, Guardado, Tello; Lo Celso, Loren Moron.
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen (g); Semedo, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Vidal; Coutinho, Suarez, Messi.