Friday, 22 March 2019

Warga Cililitan Belum Rasakan Program Sertifikat Tanah Jokowi

Minggu, 17 Maret 2019 — 19:18 WIB
Anggota DPRD DKI Wiliam Yani saat menemui warga Cililitan. (Ifand)

Anggota DPRD DKI Wiliam Yani saat menemui warga Cililitan. (Ifand)

JAKARTA – Program sertifikat tanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum dirasakan warga RW 08 Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur. Mereka mengharapkan bantuan pemerintah agar rumah yang sudah dihuninya sejak belasan tahun ini bisa memiliki kepemilikan lahan.

Hal inilah yang disampaikan Barus, 53, warga RT 006/08 Cililitan, kepada anggota DPRD DKI Wiliam Yani, saat blusukan ke pemukiman padat penduduk itu, Minggu (17/3). Menurutnya, sudah hampir 20 tahun tinggal di tempat itu, ia belum punya sertifikat. “Masalah ini yang ingin kami sampaikan ke Pak Willy, dan berharap ada jalan keluar,” katanya, Minggu (17/3).

Menurut Barus, dengan hadirnya Wiliam Yani, sedikit memberi ketenangan bagi dirinya dan warga sekitar. Terlebih, puluhan warga yang bermukim di tanah tersebut juga mengalami nasib yang sama. “Pak Willy ini kan sudah dua periode di DPRD, mudah-mudahan bisa membantu kami warga Cililitan atas masalah yang dihadapi,” ujarnya.

]Terkait hal itu, William Yani mengatakan, pihaknya akan segera mendorong warga untuk segera mengurus surat sertifikat tanah miliknya. Dengan memintanya melakukan pendaftaran dengan urutan pemeriksaan, pemetaan hingga pengecekan diharapkan masalah itu bisa terselesaikan.

“Jadi pada prinsipnya masyarakat ini kita minta untuk mendaftar dulu di PTSL, dan nanti akan kita bantu dengan memberi dukungan apakah bisa diurus atau tidak tergantung dari keputusan BPN,” ujarnya.

Permasalahan lain yang diharapkan warga adalah terkait hidran pemadam kebakaran. Hal itu diperlukan karena beberapa waktu lalu dikawasan tersebut terjadi kebakaran.

“Untuk mencegah musibah itu melebar, jadi kami akan ajukan pemasangan hidran, sehingga pemadaman bisa cepat dilakukan dan tak sulit mencari sumber air,” terang pria yang saat ini mencalonkan menjadi anggota DPR RI.

Dukung UMKM

Pria yang menjabat sebagai wakil ketua Komisi A DPRD DKI juga menambahkan, di RW 08 Cililitan, banyak warga yang mendirikan tempat usaha. Karena itu, ia akan berkordinasi dengan Dinas KUMKMP untuk mendukung warga. “Banyak sekali ini warga yang buka rumah makan, jadi harus didorong sekaligus mendukung program Gubernur,” ungkapnya.

Dengan melibatkan Dinas KUMKMP, sambung Willy, nantinya pelaku usaha akan semakin maju dalam berjualan. Dimana nantinya, mereka juga butuh pelatihan, untuk melebarkan usaha rumahan yang mereka rintis. “Dengan begitu bisa mewujudkan rumah makan yang higines dan bisa lebih menarik pembeli lagi,” pungkasnya. (Ifand/win)