Friday, 19 July 2019

Saluran Air Baru di Pasar Mencos Diharapkan Atasi Genangan

Sabtu, 23 Maret 2019 — 17:30 WIB
Saluran air yang selesai dibangun. (wandi)

Saluran air yang selesai dibangun. (wandi)

JAKARTA – Warga yang tinggal di Jalan Parangtritis,  RT 11/04, Kelurahan Karet,  Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, akhirnya bernafas lega.  Pasalnya, belakang Pasar Mencos yang tadinya sering tergenang diperkirakan tidak akan terjadi karena sudah dibangun saluran air.

“Memang selama ini setiap kali hujan sebentar saja selalu tergenang. Sebab di sepanjang jalan tersebut tidak ada saluran, kami berharap mudah-mudahan dengan selesaikan dibangun nanti wilayah kami tidak akan banjir lagi,” terang Irawan, warga, Sabtu (23/3/2019)

Menurutnya, memang tidak adanya saluran air di Jalan Parangtritis yang terletak di belakang Pasar Mencos  RT 11/RW 4, Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, terkadang menggenangi pemukiman warga. Akibatnya sering mengganggu aktivitas warga.

Sementara itu Kasatpel SDA Setiabudi, Agus Bowo Leksono mengatakan, pembangunan saluran air tersebut selain agar jalur air lebih baik di sekitar kawasan, juga untuk menindaklanjuti laporan warga yang masuk melalui CRM.

“Saluran air telah selesai dibangun. Ini memakan waktu sekitar 10 hari. Memang selama ini salurannya tidak berfungsi karena penuh dengan lumpur dan sampah,” ujar AgusBowo Laksono.

Saluran yang dibangun tersebut memiliki lebar 60 cm dan panjang 50 m. Sebanyak  15 personel satuan petugas yang sangat handal, cepat, dan kerja keras untuk menyelesaikan saluran ini.

Diakui Agus, selesainya pembangunan saluran air tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Hal tersebut lantaran sebelum dibangun saluran, wilayah di sekitar jalan kerap tergenang air saat turun hujan.

“Senang akhirnya warga bisa merasakan langsung dampak dari dibangunnya saluran tersebut. Kedepan kami juga berharap tidak akan terjadi banjir dan genangan lagi, “tuturnya. (wandi/ys)