Tuesday, 25 June 2019

Sterling Pertajam Taring Inggris

Sabtu, 23 Maret 2019 — 17:08 WIB
Pemain Inggrism Raheem Sterling, merayakan gol ke gawang Ceko. (reuters)

Pemain Inggrism Raheem Sterling, merayakan gol ke gawang Ceko. (reuters)

TARING Timnas ‘Tiga Singa’ Inggris kian tajam setelah Raheem Sterling menunjukkan kelasnya dengan memborong tiga gol di Stadion Wembley, Sabtu (23/3) dinihari WIB. Aksi bomber Manchester City itu diperlihatkan saat Tiga Singa membantai Republik Ceko 5-0 pada laga perdana fase Grup A babak kualifikasi Piala Eropa 2020.

Pelatih Gareth Southgate bahkan tidak segan-segan menyebut Sterling kini sebagai panutan bagi para pemain muda Tiga Singa yang baru terdaftar dalam tim asuhannya saat ini.

“Saya sudah tidak ragu untuk menjadikan Raheem (Sterling) sebagai pemimpin di dalam tim yang kami miliki saat ini. Dia menunjukkan tanda-tanda itu. Dia panutan untuk pemain muda yang baru masuk. Ia bahkan sudah membuktikan itu selama latihan,” kata Southgate, dikutip Sky Sports, usai pertandingan.

Tidak heran jika Southgate tidak terkejut dengan performa mantan bomber Liverpool tersebut saat memborong tiga gol ke gawang Ceko, dinihari kemarin.

“Dia tampil begitu percaya diri. Dia juga menunjukkan sikap yang layak menjadi panutan, baik di dalam maupun di luar lapangan dengan kedewasaan yang dimilikinya dan nyaman dengan dirinya. Saya senang karena dia menunjukan reaksi yang membuat para suporter di Wembley bergemuruh,” puji Southgate.

Adapun tiga gol Sterling dicetak pada menit ke-24″, 62″, dan 68″. Sementara dua gol pelengkap kemenangan Inggris lainnya, dicetak Harry Kane (penalti, 45″) dan aksi bunuh diri Tomas Kalas (84″).

Kemenangan itu tentu kian menambah rasa percaya diri Tiga Singa untuk menyambangi Montenegro, Selasa (26/3) pukul 02:45 WIB. Laga itu sendiri, jadi ujian bagi Sterling untuk menjaga performa impresifnya.

Apalagi tim asuhan Ljubisa Tumbakovic itu sudah pasti ngotot meraih kemenangan di depan publik sendiri setelah bermain 1-1 dengan tuan rumah Bulgaria pada lainnya di Grup A pada hari yang sama.

Di sisi lain, Inggris yang saat ini memimpim Grup A dengan tiga angka, harus bisa menjaga posisi mereka. Hingga satu laga yang sudah dimainkan, skuad Southgate unggul dua angka dari Bulgaria dan Montenegro di urutan kedua dan ketiga Grup A.

Sementara Ceko menjadi juru kunci, tanpa angka. Sedangkan Kosovo yang baru akan memainkan laga perdana menjamu Bulgaria, Selasa (26/3) pukul 02:45 WIB, di posisi keempat. Pada laga lainnya di Grup B, Luksemburg memimpin usai mengalahkan Lithuania 2-1, disusul Portugal dan Ukraina yang bermain imbang tanpa gol. Di Grup H, Prancis memimpin usai melumat Moldova 4-1, diikuti Turki dan Islandia yang juga menang dengan skor 2-0 atas Albania dan Andorra. (junius/yp)