Wednesday, 24 April 2019

Jamu Espanyol, Valverde Rotasi Pemain Barcelona

Sabtu, 30 Maret 2019 — 6:15 WIB
Ernesto Valverde (reuters)

Ernesto Valverde (reuters)

SPANYOL – Setelah sempat rehat karena ada laga internasional timnas di Eropa, duel bertajuk derby Catalan bakal tersaji dalam lanjutan La Liga Spanyol saat Barcelona menjamu Espanyol di Camp Nou, Sabtu (30/3), pukul 22:15 WIB.

Menghadapi tim sekotanya itu, sepertinya pelatih Barcelona, Ernesto Valverde bakal melakukan rotasi pemain terutama terhadap yang aktiv membela negaranya di laga internasional.

Selain itu juga seperti diketahui beberapa skuad Barcelona ada yang cedera, Sebelum jeda internasional, Luis Suarez dan Ousmane Dembele memang mengalami cedera tapi mereka sudah berlatih normal. Begitu juga dengan Lionel Messi yang dikhawatirkan cedera ternyata baik-baik saja. Meski begitu, bukan berarti Valverde bakal memaksakan semua pemain pemain andalannya untuk laga derby yang terbilang mudah bagi Valverde.

Maklum, Valverde diyakini sudah mengenal karakter permainan Espanyol yang pernah ia tukangi pada 2006 dan 2008 silam. Semasa masih menjadi pemain, ia bahkan pernah memperkuat Espanyol tahun 1986 hingga 1988, sebelum akhirnya hengkang ke Barcelona dari tahun 1988 hingga 1990.

Itu sebabnya, hubungan Valverde dengan Espanyol tetap kuat hingga saat ini. Buktinya, masih terukir namanya di Stadion RCDE. Dengan alasan itulah, Espanyol bukan lawan yang sulit baginya.

Ia bahkan sudah mengambil inisiatif merotasi pemainnya. Seperti dilansir El Mundo Deportivo, ia kemungkinan hanya memasang Messi dan Philippe Coutinho di lini depan. Pemain lain yang berkesempatan tampil adalah Malcom, Arthur Melo, Arturo Vidal, dan Carles Alena.
“Saya pikir terlalu beresiko untuk memaksakan pemain untuk bisa tampil pada laga nanti setelah jeda internasional,” kata Velaverde, dikutip El Mundo Deportivo.

Pun, Valverde tetap akan memasang pemain dengan orientasi menang. Pasalnya, tiap laga di pengujung musim ini, akan dapat mempercepat usaha Barcelona meraih gelar La Liga musim ini.

Saat ini Barcelona masih memimpin klasemen dengan 66 poin dari 28 laga. Messi dan kolega unggul 10 angka dari dari Atletico Madrid di urutan kedua. Dengan sepuluh laga tersisa, tim asuhan Valverde itu setidaknya hanya butuh tujuh kemenangan lagi untuk memastikan gelar.

Namun Espanyol tentu tidak ingin menyerah begitu saja. Tim asuhan Joan Francesc Ferrer Sicilia itu masih butuh kemenangan untuk menghindari ancaman degradasi. Dengan koleksi 34 poim dari 28 laga, Espanyol hanya unggul sembilan angka dari batas akhir zona merah, hunian Celta Vigo yang menjamu Villarreal pada hari yang sama. Sementara pada laga lainnya, Girona bakal disatroni Athletic Bilbao dan Getafe menjamu Legan├ęs. (junius/b)