Monday, 26 August 2019

Jokowi: Pak Prabowo kok Tidak Percaya TNI, Saya yang Sipil Saja Percaya

Sabtu, 30 Maret 2019 — 21:39 WIB
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

JAKARTA –  Capres Prabowo mengatakan, anggaran untuk pertahanan dan keamanan (Hankam). Harusnya negara besar ini perlu kita anggaran besar. Kita anggaran kecil karena  kita masih kecil kita perlu mencegah kebocoran, cegah korupsi.

Menajwab hal itu, Jokowi menyatakan, penting sekali namanya gelar pasukan terintegrasi tidak Jawa sentris. “Saya perintahkan pembentukan devisi 3 Kostrad di Gowa, Armada 3 di Sorong, ini usah dalam pembangunan,” katanya.

Jokowi juga mengungkapkan adanya gelar pasukan di 4 titik penting, yang dia perintahakan dilakukan, yakni Natuna, Morotai, Saumlaki, di selatan, dan satu titik lain. “Artinya titik-titik pinggir negera ini terjaga. Radar marintim kita, sudah kuasa iwulayah kita, 19 titik kita terpasang.

Menganai anggaran, menurutnya, saat ini di APBN sudah Rp 107 triliun, no 2 setelah PU. Kalau masih  ada proses ada yang kurang, itu sebagai pimimpin untuk memperbaiki. “Radar di kira sudah memantau. Siapa yang masuk akan ketahuan,” katnaya.

Prabowo menanggapi informasi Jokowi, dia menyatakan, Jokowi mendapat brifingan yang tidak tepat.  Prabwowo lalu membandingkan anggaran Singapuran sampai 30% dari APBNnya, kita hanya 5% dari APBN.

“Jadi, bahwa  masalah pertahanan  keamanan ini saya kira, maaf Pak Jokowi, mungkin mendapat brifingan kurang tepat. Rp 107 T itu 5% dari APBN kita, 0,8% dari GDP kita, padahal Singapura itu 30% dari APBNnya,” ujarnya.

Prabwiwi dengan menggebu menyatakan banyak di TNI yang ABS, asal bapak senang. “Saya jadi tentara, di TNI banyak  ABS itu terjadi. Saya tidak salahkan Bapak. Ini budaya Indonesia,

Kita tidak ancam siapa pun. Mungkin menteri Bapak perlu ditanyaa, berapa triliun diperlukan,” kata Prabowo.

Jokowi menanggapi  dengan nada santai tapi mengena. “Saya melihat Pak Prabowo ini kok tidak percaya kepada TNI kita. Saya yang sipil sangat percaya ke TNI kita. Saya melihat sendiri, di Natuna dibangun kok. Di Sororg dibangun kok. Ya saya cek dibangun kok,” ujar Jokowi. (ikbal/win)