Tuesday, 16 July 2019

Tatap Liga Champions, Barcelona Siapkan Rotasi Sambangi Villareal

Senin, 1 April 2019 — 17:33 WIB
Messi, Suarez dan Coutinho jadi andalan Barcelona (reuters)

Messi, Suarez dan Coutinho jadi andalan Barcelona (reuters)

SPANYOL – Ketatnya kompetisi yang dihadapi Barcelona sepanjang April ini memaksa pelatih Ernesto Valverde wajib melakukan rotasi mulai pekan ini. Rotasi ala Valverde itu pun mulai diuji saat menyambangi Villarreal dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion de la Cerámica, Rabu (3/3/2019), pukul 02:45 WIB.

“Jadwal pertandingan yang kami miliki sepanjang bulan ini akan menjadi sesuatu yang sulit bagi kami. Kami akan menghadapi tim-tim terbaik di liga (La Liga) dan Liga Champions dan kami masih belum bisa mencapai bagian yang menentukan musim ini. Kami perlu menggunakan semua pemain yang kami bisa dan kami akan menganalisis jika kami perlu melakukan rotasi, maka itu harus kami lakukan mulai pekan ini,” kata Valverde, dikutip El Mundo Deportivo.

Setelah melawat Villarreal, Barcelona harus sudah mempersiapkan diri menjamu Atletico Madrid pada ajang yang sama di Camp Nou, akhir pekan ini. Dua hari berselang, mereka sudah harus berada di kota Manchester, Inggris untuk melakoni leg pertama babak semfinal Liga Champions kontra Manchester United, tengah pekan depan.

“Kadang Anda mendapatkan lebih banyak istirahat, tapi terkadang justru lawan Anda yang mendapatkan lebih banyak istirahat,” jelasnya.

Situasi itu membuat Valverde harus lebih keras ‘memutar otak’ setelah Ousmane Dembele dan Rafinha kemungkinan absen akibat cedera. Hal itu tentunya, membuka celah bagi Villarreal untuk tidak ingin kehilangan angka di depan publik sendiri, seraya mengusung misi balas dendam usai kalah 0-2 pada pertemuan pertama di Camp Nou. Apalagi Villarreal sangat butuh kemenangan untuk menghindari ancaman degradasi musim ini.

Tim asuhan Javier Calleja itu kini bercokol di batas akhir zona aman dengan 29 poin dari 29 laga. Tim berjuluk Kapal Selam Kuning itu hanya unggul satu angka dari batas akhir zona merah, hunian Celta Vigo.

Namun dilansir Opta, Calleja selalu kalah setiap kali bertemu Barcelona di berbagai kompetisi. Apalagi pada laga kali ini Barcelona tidak terlalu memiliki tekanan setelah bertengger di pucuk klasemen dengan total 69 poin dari 29 laga.

Dengan sembilan laga tersisa, posisi Barcelona masih relatif aman setelah unggul 10 angka dari Atletico Madrid yang akan menjamu Girona pada hari yang sama. Sementara di laga lainnya, Espanyol bakal ditantang Getafe.

Pada laga sebelumnya, Senin (1/4/2019) dini hari WIB, Real Madrid kembali melanjutkan tren positif di bawah asuhan Zinedine Zidane usai mengalahkan SD Huesca 3-2. Sementara Levante vs Eibar 2-2, Rayo Vallecano vs Real Betis 1-1, Real Valladolid vs Real Siciedad 1-1, dan Sevilla vs Valencia 0-1. (junius/ys)

Villarreal v Barcelona
Rabu (3/3/2019), 02:30 WIB
Stadion de la Cerámica
REKOR PERTEMUAN:
03/12/18, Barcelona vs Villarreal 2-0
10/05/18, Barcelona vs Villarreal 5-1
11/12/17, Villarreal vs Barcelona 0-2
06/05/17, Barcelona vs Villarreal 4-1
PRAKIRAAN PEMAIN:
Villarreal (4-2-1-3): Asenjo (g); Gaspar, Gonzalez, Ruiz, Costa; Trigueroz, Mori; Fornals; Layun, Moreno, Carzola.
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen (g): Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Busquets, Rakitic, Arthur; Coutinho, Messi, Suarez.