Sunday, 15 September 2019

Layanan Kependudukan Masuk Sosmed, Walikota Pepen Sidak Kecamatan

Kamis, 4 April 2019 — 23:59 WIB
Walikota Bekasi saat melakukan Sidak di Kantor Kecamatan Bekasi Barat. (saban)

Walikota Bekasi saat melakukan Sidak di Kantor Kecamatan Bekasi Barat. (saban)

BEKASI – Petugas pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di tiap kecamatan di Kota Bekasi, tidak harus menunggu berhari-hari.

“Kalau perlu hitungan menit,” ujar Rahmat Efendi, WalikoTA Bekasi, saat inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Kecamatan Bekasi Barat, Kamis (04/04/2019).

Sidak itu dilakukan Pepen, sapaan akrab Rahmat Effendi, setelah ada keluhan warga di media sosial soal lamanya pembuatan KTP-el.

Camat Bekasi Barat M. Bunyamin bersama Sektretaris Camat (Sekcam) Diani Aprijanti, nampak grogi mendapat kunjungan mendadak walikota. Rahmat Effendi  langsung mengecek pelayanan bagian pencetakan KTP- el.

Sukama, 50, salah seorang warga yang ditemui walikota mengaku sudah mengurus surat pindah dari Cirebon, Jawa Barat dan tinggal di Kranji, Bekasi Barat, “Coba ini, kenapa bisa lama padahal semua surat-surat lengkap,” kata Pepen, kepada petugas seksi kependudukan.

Melihat itu, petugas pun langsung mencetak KK dan KTP Sukama, “Alhamdulillah, cumah dua menit KK dan KTP jadi,” ujar Sukama, sambil bersyukur dan mengucapkan terima kasih ke Walikota Bekasi.

Melihat kondisi mental pelayan masyarakat, usai Sidak, Pepen memanggil para Kepala Seksi di Kecamatan Bekasi Barat dan  berharap tidak ingin melihat lagi proses pelayanan warga dipersulit ataupun bertele-tele.

“Jika memang data sudah lengkap ajuakn si warga tersebut dan suruh pulang, nanti akan diantarkan oleh Pamor wilayah yang ditugaskan. Ini harus efisien,” ujar Pepen.

Pepen, pun berharap kalau ada petugas yang mengatarkan produk kependudukan ke rumah warga, jangan ada minta kas untuk ini itu, “Tapi kalau warga yang kasih itu tidak masalah, asal jangan mematok harga sekian, jika di kasih makan ya makan, uang bensin ambil, sekali lagi jangan di patok harga” tegas Pepen.

Walikota juga meminta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Taufik Rachman,  agar setiap satu jam sekali langsung memberi ACC untuk pencetrakan KK dan KTP, sehingga warga tidak menunggu terlalu lama di kecamatan. (saban/win)