Monday, 17 June 2019

Dapat Tambahan Kuota Haji 10.000, Jokowi Apresiasi Raja Salman

Senin, 15 April 2019 — 19:12 WIB
Presiden jokowi dan raja Salman  bin Abdulaziz al-Saud.  (ist)

Presiden jokowi dan raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. (ist)

JAKARTA – Kerajaan Arab Saudi menaikkan kuota haji bagi Indonesia sebanyak 10.000 jemaah haji.

Penambahan kuota haji  tersebut disampaikan saat pertemuan Presiden Jokowi dengan Raja Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman di Istana Pribadi Raja (Al-Qahr al-Khas) di Riyadh, Minggu (14/4/2019).

Dan dipertegas kembali dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Putra Mahkota, Muhammad bin Salman, di Riyadh, Minggu malam (14/4/2019).

Dengan penambahan kuota ini,  diharapkan bisa mempersingkat daftar tunggu untuk naik haji.  Saat ini masa tunggu haji berkisar antara 11 tahun hingga 40-an tahun.

Kepada Raja Salman, Presiden Jokowi  menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji Indonesia.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi dan Raja Salman juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Retno yang mendampingi Jokowi menyampaikan Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinan di dunia Islam.

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin.(tri)