Monday, 17 June 2019

KPU Pastikan Kotak Suara Rusak di Ciseeng Bakal Diganti

Senin, 15 April 2019 — 18:45 WIB
Contoh Kotak Suara Pemilu 2019 dari Rihadin 4

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengganti ratusan kotak suara yang rusak di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengatakan kerusakan kotak suara di tempat penyimpanan bukan kesalahan petugas melainkan faktor bencana alam. Dia menegaskan kerusakan kotak suara itu bukan masalah.

“Ini kan bencana, angin puting beliung, waktu itu kotak suaranya lagi kita masukan ke plastik. jadi segera diganti, kita cari solusinya, tidak ada masalah,” ujarnya di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Ilham menjelaskan kotak suara pengganti diambil dari wilayah yang memiliki kelebihan kotak suara. Kotak suara tersebut akan segera didistribusikan ke Ciseeng mengingat kotak pemungutan suara tinggal dua hari lagi.

“Karena kita lihat juga kemungkinan ada kelebihan kotak suara di beberapa tempat, bisa aja didistribusi ke Cuseeng itu,” tandasnya.

Sebelumnya sekitar 600 kotak suara di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor,
rusak akibat tembok gudang penyimpanan jebol akibat hujan deras. Jebolnya tembok membawa lumpur yang meredam kotak suara. (ikbal/b)