Tuesday, 23 April 2019

KPU Sebut Pemungutan Suara di Luar Negeri Berjalan Baik

Senin, 15 April 2019 — 16:00 WIB
Komisioner KPU, Viryan Azis . (ikbal)

Komisioner KPU, Viryan Azis . (ikbal)

JAKARTA – Pemungutan suara di luar negeri (LN) melalui tempat pemungutan suara (TPS) dilakukan serentak pada 14 April lalu.

Sebelumnya pemungutan sudah dilakukan di berbagai negara melalui pos dan kotak suara keliling. Komisi Pemilihan Umum menilai pemungutan suara di luar negeri berjalan baik secara umum.

“Dari 130 PPLN sebagian besar bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Kami mengapresiasi kepada PPLN dan pemilih di luar negeri yang menggunakan hak pilihnya secara tertib,” ujar Komisioner KPU, Viryan Azis di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Meski demikian KPU mengakui terdapat permasalahan di beberapa kota. Namun menurutnya persoalan tersebut dapat diselesaikan oleh PPLN.

“Memang ada di beberapa titik, dari 130 itu tak banyak, yang masalah itu kita akan selesaikan.  Misalnya kasus di Malaysia, lalu di Sidney. kemudian di Osaka, Jepang. Itu kan salah paham ya. Tapi sudah diberikan penjelasan oleh PPLN kami,” tandasnya.

Lebih lanjut Viryan menyinggung ketidaktertiban pemilih. Menurutnya terdapat perselisihan paham PPLN karena pemilih tidak atau kurang mematuhi ketentuan.

“Masyarakat kan kadang juga tidak tertib. Misalnya sudah disampaikan pengurusan A5 sebagai dokumen kalau mau pindah memilih, datang ke KPPS luar negeri, tidak bawa A5, marah-marah, ‘ini hak warga negara’. Lho putusan MK kan sudah jelas pindah memilih dibatasi, kalau semua orang serta merta minta itu dan dilayani itu bisa jadi ada masalah. kan kita perlu mengidentifikasi,” jelas dia. (ikbal/tri)