Tuesday, 23 April 2019

Penculik Manfaatkan Anisa Untuk Mengemis

Senin, 15 April 2019 — 16:24 WIB
AG, Penculik Anisa yang ditangkap di Stasiun Senen.(yendhi)

AG, Penculik Anisa yang ditangkap di Stasiun Senen.(yendhi)

JAKARTA –  Tim Gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi berhasil menangkap AG (55) pelaku penculikan terhadap Anisa Suci Ardiwibowo (3). Selama lima hari, korban dimanfaatkan tersangka untuk mengemis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengatakan pelaku selama pelarian membawa korban keliling dari satu tempat ke tempat lain dan meminta belas kasih dari warga khususnya jamaah masjid.

“Dari keterangan pelaku berinisal A sehari-hari tidur di masjid sering nyapu sering dikasih imbalan uang oleh jamaah masjid. Dengan adanya anak kecil tadi orang semakin iba dan memberi sedekah,” kata Argo saat merilis kasus di kantornya, Senin (15/4/2019)

(Baca : Lima Hari Diculik, Anisa Kini Takut Bertemu Orang Asing)

Kepada penyidik, AG mengaku selama membawa korban penghasilannya meningkat hingga Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu setiap kali mengemis di satu masjid atau tempat lainnya.

“Motif awalnya,  anak ini dilihat sendirian dia gendong untuk menimbulkan rasa iba dan kasian sehingga orang lain memberikan sesuatu,” ucap Argo.

Anisa diculik oleh pelaku saat bermain di sekitar Masjid Al-Ami, Kompleks Bintara 3, Bintara Jaya, Bekasi Barat pada 9 April 2019. Hasil rekaman CCTV polisi berhasil mengidentifikasi pelaku yang mengenakan busana biru serta hijab hijau. Sketsa pun dibuat dan disebar.

Hasil penyelidikan, pelaku selalu berpindah tempat sekitar Jakarta dan Bogor serta menginap di masjid terdekat. AG ditangkap pada Minggu (14/4/2019) di sebuah Masjid depan Stasiun Senen, Jakarta Pusat saat menggendong korban. Atas perbuatannya, korban di ancam hukuman 5 tahun penjara. (yendhi/tri)