Thursday, 18 July 2019

Anies Siapkan Enam Jurus Atasi Kemacetan

Selasa, 16 April 2019 — 0:30 WIB
kemacetan di jalan medan merdeka timur -- yendhi

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siapkan enam jurus atasi kemacetan Jakarta. Dengan jurus tersebut iapun optimis Jakarta bisa bebas dari macet.

Menurut Anies, selain dengan integrasi angkutan umum dan pengembangan angkutan massal, dirinya juga meninginkan cara lain.

“Pengembangan angkutan massal mutlak dilakukan. Tapi kita juga harus cari cara lain. Untuk itu saya memerlukan masukan dari semua pakar lintas bidang, “kata Anies dalam acara Launch and Round Table Discussion, bersama sejumlah kalangan di Balaikota, Senin(15/4).

Menurut Anies, Jakarta saat ini sedang dalam proses pembangunan transportasi umum. “Dari diskusi ini kita akan bisa mendengar pengalaman-pengalaman dari berbagai negara, terutama pengalaman negatif diberbagai tempat, supaya tidak mengulang kekeliruan, istilahnya tadi itu the donce yang jangan dilakukan, sehingga tidak mengulangi kekeliruan yang lain,” ujarnya.

Anies menunggggu masukan dari semua pihak. “Pemprov terbuka terhadap kritikan dan masukan. Dari berbagai kalangan. Saya ingin membangun Jakarta secara bersama, “katanya.

Sejumlah sistem untuk menanggulangi kemacetan antara lain, penataan sistem perparkiran, penerapan jalan berbayar, pembatasan usia kendaraan serta memperluas sistem ganjil genap.

Namun, kata Anies, tiap sistem yang akan diterapkan harus melalui kajian matang. Seperti dengan mempertimbangkan dampak ekonomi bagi masyarakat. (john)