Wednesday, 24 April 2019

Marissa Haque Luncurkan Buku Wisata Halal

Selasa, 16 April 2019 — 7:05 WIB
Marissa Haque. (mia)

Marissa Haque. (mia)

JAKARTA – Berbekal pengalamannya susah mencari makanan halal di Vietnam, membuat artis senior Marissa Haque menggagas dan merilis buku bertema halal dengan judul ‘Muslimin Vietnam dan Industri Halalnya’.

Marissa mengatakan buku tersebut mengupas tentang sertifikasi halal di negara komunis tersebut. “Di Vietnam itu kaum muslimnya minoritas, sangat berbeda dengan muslim yang ada Thailand. Di Vietnam tidak ada tokoh dan majelis ulamanya,” tutur Marissa, di Indonesia Banking School, Kemang, Jakarta Selatan, kemarin.

Isteri rocker Ikang Fawzy ini punya pengalaman buruk saat berada di Vietnam, sebab bintang film ‘Kembang Semusim’ ini tidak sengaja makan makanan yang tidak halal saat berada di sana.

“Sempat cicipi makanan tidak halal, sudah masuk ke mulut dimakan, habis itu cuman bisa istighfar aja. Kan bukan sekadar kita nggak makan babi saja, tapi hal-hal lainnya kayak bangkainya. Atau ayam dipotongnya nggak betul. Ya, sudah jalanin saja dengan kondisi darurat,” ucap ibunda Muliawati Fawzi dan Chikita Fawzi.

Bukan pertama kalinya, Marissa membuat buku mengenai halal, tahun lalu aktris yang populer di era 80-an itu juga menulis buku tentang halal di Thailand.

“Ini serial halal di seluruh dunia yang kedua. Seri pertamanya Thailand, tahun lalu. Dan aku bernazar di sisa usia yang tak muda lagi, 56 tahun, berlari dengan usia. Kepengennya setiap enam bulan ada satu buku yang lahir,” ucap bintang film ‘Tinggal Landas Buat Kekasih’ ini.

Kakak kandung dari artis Soraya Haque dan Shahnaz Haque ini berharap agar buku karyanya itu bisa sukses di pasaran dan bisa bermanfaat bagi para pembacanya.

“Saya ingin buku soal halal itu bisa jadi panduan bagi mereka yang ingin makan halal di negeri Vietnam, bisa memberikan pencerahan juga,”tandas Marissa Haque. (mia/d)