Thursday, 18 July 2019

Masjid Al Aqsa di Jerusalem Dilanda Kebakaran

Selasa, 16 April 2019 — 23:20 WIB
Masjid Al Aqsa di Jerusalem.(dok)

Masjid Al Aqsa di Jerusalem.(dok)

JERUSALEM – Masjid Al Aqsa di Jerusalem terbakar, Senin (15/4/2019) waktu setempat.  Kebakaran Masjid Al Aqsa ini sangat membahayakan bagi situs berusia lebih dari 2.000 tahun ini. Terlebih bagi umat Islam, masjid ini sangat penting nilainya.

Masjid al-Aqsa merupakan situs suci ketiga umat Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Kebakaran tidak menimbulkan  kerusakan yang signifikan, namun membahayakan bagi warisan umat Islam itu.

Dalam kebakaran ini, api melahap bagian dari Haram ash-Sharif, masjid besar Yerusalem yang dibangun di mana peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad diyakini telah terjadi, merusak bagian dari struktur yang berasal dari pemerintahan Raja Yudea, Raja Herodes Agung.

Dari i The New Arab yang mengutip pernyataan seorang penjaga masjid, Selasa (16/4/2019), diungkapkan , kebakaran terjadi di kamar penjaga di luar atap ruang shalat Marwani, Antar al-Hazmawi. Departemen Wakaf Islam Masjid al-Aqsa memuji respon cepat petugas pemadam kebakaran, yang dengan cepat memadamkan api.

Kebakaran tampaknya dipicu oleh sekelompok anak-anak yang bermain api. Departemen Wakaf Masjid al-Aqsa mendesak jamaah yang tinggal di sekitar masjid dan di Kota Tua untuk anak-anak mereka agar tidak bermain api, terutama di dalam Masjid al-Aqsa.

Dalam hal ini polisi Israel mengatakan kepada al-Araby bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Israel telah memerintah seluruh kota sejak 1967, ketika merebut wilayah itu dari Yordania. (*/win)