Thursday, 18 July 2019

Miliarder Prancis Sumbang Rp1,6 Triliun untuk Pembangunan Kembali Notre-Dame

Selasa, 16 April 2019 — 14:15 WIB
Miliarder Prancis François-Henri Pinault. (ist)

Miliarder Prancis François-Henri Pinault. (ist)

PRANCIS – Salah satu orang terkaya di Prancis menyumbang  100 juta euro (Rp1,6 Triliun) untuk pembangunan kembali Notre-Dame yang habis terbakar pada Senin (15/4/2019) waktu setempat.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada surat kabar Prancis Le Figaro, seperti dikutip Sky News, Selasa(16/4/2019) miliarder François-Henri Pinault, yang menikah dengan aktris Salma Hayek, mengatakan ia berharap uang itu akan membantu pembangunan Notre-Dame secara keseluruhan.

(BACA: Katedral Notre-Dame di Paris Terbakar Dunia Berduka)

Pinault adalah ketua dan CEO grup Kering, yang memiliki merek seperti Gucci, Yves Saint Laurent dan Alexander McQueen. Dia juga presiden direktur Artemis, perusahaan induk yang mengendalikan aset keluarga Pinault.

Dalam pernyataannya dia berkata, “Tragedi ini mengejutkan rakyat Prancis dan di luar semua yang terikat pada nilai-nilai spiritual. Menghadapi tragedi seperti itu, semua orang ingin menghidupkan kembali permata warisan kita ini secepat mungkin,” ujarnya.

Biaya pembangunan kembali gereja bersejarah tersebut diperkirakan akan menelan dana hingga miliaran euro. Pada saat kebakaran, gedung berusia 850 tahun itu sedang menjalani proyek restorasi multi-juta euro. (mb)