Thursday, 18 July 2019

Pencemaran Udara Mengkhawatirkan Anies Segera Terbitkan Pergub

Selasa, 16 April 2019 — 1:00 WIB
ilustrasi uji emisi.(dok)

ilustrasi uji emisi.(dok)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan aturan untuk pengendalian pencemaran idara, terutama emisi gas buang kendaraan bermotor. Anies mengakui polusi udara Jakarta sudah mengkhawatirkan.

Sebab itu, Anies saat ini tengah menyusun peraturan untuk mengatur dan mengendalikan gas buang kendaraan. “Memang ini fakta, bukan opini. Fakta tentang polusi yang itu adalah efek dari pola kita melakukan mobilitas saat ini di mana transportasi pribadi mendominasi,” kata Anies, Senin (15/4/2019).

Anies tidak ingin menyalahkan siapapun.”Ini salah kita semua maka kita akan peebaiki secara bersama,”katanya.

Aturan yang tengah disiapakan berkaitan dengan emisi gas buang kendaraan.”Kita atur masalah gas buang atau masalah emisi, “katanya.

Dari catatan pemprov, angkutan umum menjadi salah satu penyebab polusi. Karenanya Pemprov DKI akan menguji coba Transjakarta bertenaga listrik.

Terkait pencemaran udara di Jakarta yang sudah di luar ambang batas, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) membuka pos pengaduan untuk calon penggugat dalam gugatan warga negara.

Terhadap masalah tersebut, Anies tidak terlalu mempersoalkan.”Tidak apa apa. Semua warga punya hak. “(john/b)