Thursday, 18 July 2019

Penyelidikan Penyebab Kebakaran Notre-Dame Mulai Dilakukan

Selasa, 16 April 2019 — 15:27 WIB
Api yang membakar Katedral Notre-Dame  berhasil dipadamkan. (reuters)

Api yang membakar Katedral Notre-Dame berhasil dipadamkan. (reuters)

PRANCIS – Penyelidikan mengenai penyebab kebakaran Katedral Notre-Dame mulai dilakukan. Petugas membutuhkan setidaknya delapan jam untuk memadamkan api yang menghancurkan bangunan bersejarah itu.

Menteri Dalam Negeri Prancis, Laurent Ninez Jr menyebutkan jika pemeriksaan menyeluruh terhadap struktur bangunan Notre-Dame akan segera dilakukan. Untuk sementara, kebakaran yang terjadi disebut tidak ada unsur kesengajaan. Namun, penyelidikan mendalam akan dilakukan.

(BACA: Miliarder Prancis Sumbang Rp1,6 Triliun untuk Pembangunan Kembali Notre-Dame)

Saat api membakar Notre-dame pada Senin (15/4/2019), ratusan orang menyaksikannya sambil menangis dan berdoa di pinggir sungai seine  yang memamng menghadap ke bangunan tersebut.

Kebakaran yang bermula pada Senin sore waktu setempat atau Selasa dini hari WIB, memusnahkan sebagian besar atap, dan merubuhkan atap bangunan suci ini.

Ada kekhawatiran jika api merembet ke bagian dalam dan menghancurkan artefak-artefak penting yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain itu, asap akibat kebakaran dan air dari semprotan petugas pemadam juga dikhawatirkan merusak karya seni yang tersimpan dalam bangunan. (mb)