Thursday, 18 July 2019

Siap Kalah Siap Menang, Oke!

Selasa, 16 April 2019 — 5:07 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

BESOK, kita bangsa Indonesia akan mempunyai pemimpin baru, Presiden baru dalam pengertian orang lama, tapi masih diperca rakyat, terpilih kembali. Yakni, pilihan 01 Jokowi Widodo dan baru yang kedua adalah, jika Prabowo terpilih, yakni karena benar-benar baru kali ini jadi presiden. Begitu.

Nah, pertanyaannya adalah, bagi para pendukung kedua jagoan tersebut, apabila jagoannya menang atau kalah? Mau bersikap bagaimana? Ya, masyarakat luas, mengharapkan siapa pun yang menang atau kalah, ya  mereka harus siap kalah, atau siap menang!

Seperti biasa nasihat dari para orang tua, yang menang jangan lupa daratan, yang kalah jangan dendam atau marah dan emosi, lalu berbuat yang di luar nalar, akal sehat. Pada ngamuk,misalnya? Nggak benar itu. Apalagi sampai berbuat anarkis,  merusak, sangat tidak terpuji.

Bagi yang menang juga jangan mentang-mentang, mendongak meledek yang kalah. manas-masin, nggak baik itu.

Ingatlah, ini Negara dan bangsa punya kita, jadi ayolah rawat bersama-sama. Bangun bersama. Lupakan kepentingan pribadi dan golongan. Yang kalah  nggak usah sungkan atau malu, biasa saja ngapa? Kan orang politik biasanya rasa malu itu bakalan dikesanpingkan. Misalnya, pada lompat dari partai satu ke partai yang lain, Biar orang bilang itu kayak kutu loncat, tapi mereka acuh bae beh!

Bangsa ini, terutama rakyat kayaknya sudah sangat dewasa, mereka sudah banyak makan asam garam dalan persoalan berdemokrasi. Negara lain pada iri dengan kita. Bayangkan saja, bangsa yang sebegitu banyaknya ragam budaya dan agamanya, tapi bisa bersatu padu.

Ayo, masih inginkan kita disebut sebagai Negara hebat, yang mampu bersatu padu memupuk persatuan.

Siap kalah, siap menang. Oke? – (massoes)