Sunday, 18 August 2019

Singkirkan Napoli, Arsenal Tantang Valencia di Semifinal

Jumat, 19 April 2019 — 7:03 WIB
Alexandre Lacazette penntu kemenangan Arsenal atas Napoli (reuters)

Alexandre Lacazette penntu kemenangan Arsenal atas Napoli (reuters)

ITALIA– Singkirkan Napoli dengan kemenangan agregat 0-3 akhirnya Arsenal melaju ke semifinal Liga Europa. Raksasa Liga Inggris itu akan menghadapi tantangan Valencia wakil Spanyol.

Valencia melaju ke semifinal usai menyingkirkan tim senegaranya Villarreal dengan kemenangan di leg kedua 2-0.

Pada laga leg kedua perempat final Liga Europa , di San Paulo,Italia, Jumat (19/4/2019) dinihari WIB, Arsenal menang 1-0 lewat gol Alexandre Lacazette.

Aresenal pun melaju dengan kemenangan agregat 3-0. Pasalnya saat menjamu Napoli di leg pertama pekan lalu di Emirates, The Gunners menang 2-0.

Janji Napoli akan membalikkan keadaan tidak terwujud. Jangankan menang, raksasa Serie A Italia itu justru keok di kandang sendiri.

Ini tentu di luar perkiraan banyak pihak. Awalnya dipredikisi Napoli mampu merepotkan Arsenal di depan pendukungnya. Nnyatanya anak asuh Carlo Ancelotti itu tidak bisa berbuat banyak.

Unggul 2-0 di leg pertama memang membuat Arsenal percaya diri. Namun peluang pertama justru menjadi milik Napoli saat Kalidou Koulibaly berhasil mencuri bola dari Lacazette dan berlari ke depan untuk menerima umpan Fabian Ruiz.

Bola kemudian disodorkan pada Jose Callejon namun aksi penyerang Real Madrid ini berhasil digagalkan Petr Cech.

Napoli masih terus menekan Arsenal namun justru gawang yang dikawal Meret kebobolan terlebih dahulu menit ke-36.

Awalnya Nikola Maksimovic melanggar Lacazette di luar kotak penalti lalu n penyerang Prancis ini mengeksekusi tendangan bebas dengan baik untuk mencatatkan nama di papan skor.

Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Arsenal.

Memasuki babak kedua Arsenal nyaris menambah gol . Beruntung Alex Meret mematahkan peluang Pierre-Emerick Aubameyang usai menerima umpan dari Henrikh Mkhitaryan.

Partenopei, julukan Napoli, kemudian mencoba meningkatkan tekanan namun sejumlah kesempatan mencetak gol gagal disempurnakan oleh Faouzi Ghoulam dan Callejon.

Jelang laga berakhir, Arsenal nyarus menambah penderitaan Napoli. Sayang tendangan Mkhitaryan dari sudut yang cukup sempit melambung tipius di atas mistar.

Kemenangan ini memastikan pertarungan antara Arsenal dan Valencia di babak semi-final sementara partai empat besar lainnya akan mempertemukan Eintracht Frankfurt dan Chelsea.(b)