Friday, 24 May 2019

Bertemu Spurs Lagi, City Usung Misi Ganda

Sabtu, 20 April 2019 — 7:25 WIB
Fernando Llorente rayakan gol ke gawang Manchester City (reuters)

Fernando Llorente rayakan gol ke gawang Manchester City (reuters)

SETELAH kandas di tangan Tottenham Hotspur, misi ganda bakal diusung The Citizens, julukan Manchester City saat kedua tim kembali bentrok dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (20/4/2019), pukul 18:30 WIB. Selain misi balas dendam, laga ini wajib dimenangkan City untuk menjaga kans menuju tangga juara, musim ini.

Meski menang 4-3 (agregat 4-4) atas Tottenham pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions di Etihad, tengah pekan kemarin, City tetap gagal melenggang ke fase semifinal. Hal itu terjadi karena tim asuhan Pep Guardiola itu kalah produktivitas gol di laga tandang karena kalah 0-1 di kandang Tottenham pada leg pertama.

Kegagalan tersebut, tentu menjadi salah satu alasan bagi Guardiola untuk menaikkan pamornya sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. Apalagi pelatih berkepala plontos tersebut mulai menjadi sorotan setelah menghabiskan sekitar 317,5 juta euro (setara Rp5 Triliun) untuk mempertebal amunisi The Citizens di berbagai kompetisi, termasuk Liga Champions.

Dana besar yang dikucurkan klub itu membuat Guardiola dilarang gagal mempertahankan trofi Liga Primer musim ini. Maklum, kans untuk mempertahankan gelar Liga Primer, masih terbuka lebar bagi City setelah bercokol di urutan kedua klasemen sementara.

Dengan total 83 poin dari 33 laga, The Citizens hanya berjarak dua angka dari pimpinan klasemen, Liverpool yang sudah melakoni 34 laga. Dengan situasi itu, The Citizens jelas berpeluang menjuarai Liga Primer musim ini jika mampu menyapu bersih lima laga tersisa musim ini.

“Sekarang kami ingin melupakan Liga Champions dan sebisa mungkin menyiapkan tim untuk menghadapi mereka,” kata Guardiola, aeperti dikutip Sky Sports, jelang laga.

Di sisi lain, sukses di Liga Champions, tentu menambah rasa percaya diri Tottenham untuk menambah kekecewaan City pada laga nanti. Pasalnya, anak-anak asuh Mauricio Pochettino itu juga butuh kemenangan untuk menjaga peluang finis di zona empat besar. Spurs itu masih mangkal di tangga ketiga dengan 67 poin dari 33 laga. Mereka hanya unggul aatu hingga tiga angka dari tiga tim di bawah mereka, yakni Arsenal, Chelsea, dan Manchester United (MU).

Spurs masih bisa mengandalkan gelandang serang asal Korea Selatan, Heung-Min Son yang mencetak dua gol ke gawang City, tengah pekan kemarin. Sedangkan City bakal menurunkan kekuatan penuh demi misi ganda pada laga nanti. Pada laga lainnya di hari yang sama, AFC Bournemouth vs Fulham, Huddersfield Town vs Watford, West Ham United vs Leicester City, Wolverhampton Wanderers vs Brighton & Hove Albion, dan Newcastle United vs Southampton. (junius/yp)

Prakiraan susunan pemain
Manchester City (4-3-3): Ederson (g); Walker, Stones, Otamendi, Mendy; De Bruyne, Fernandinho, Bernardo; Sterling, Aguero, Sane.
Tottenham Hotspur (4-4-2): Lloris (g); Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Davies; Wanyama, Winks, Alli, Eriksen; Son, Lucas