Friday, 23 August 2019

Kita Saudara

Sabtu, 20 April 2019 — 6:58 WIB

PILIHAN boleh berbeda, dukungan boleh juga tidak sejalan, tetapi semangat persatuan dan persaudaraan harus tetap terjaga dan terpelihara.
Kita semua tentu tak ingin persaudaraan renggang akibat beda pilihan dan dukungan dalam pilpres.

Kita tak berharap persatuan retak karena perbedaan aspirasi politik. Pilpres dan pileg telah usai. Siapa pun yang terpilih, yang unggul sebagai pemenang itulah adalah pilihan rakyat. Itulah kehendak rakyat sebagai pemegang kedaulatan.

Kalau pun kemudian ada prediksi kemenangan atas hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survey, itu sah – saja. Begitu juga jika ada klaim kemenangan atas dasar perhitungan dengan metoda lain (yang berbeda), juga tidak bisa disalahkan.

Masing – masing memiliki hak melakukan perhitungan suara dengan metoda yang diakuinya lebih baik dan valid.

Masing – masing metoda bisa diperdebatkan dengan segala kelebihan dan kekurangannya serta validitasnya. Itu adalah dinamika. Tetapi semua pihak yang terlibat dalam pilpres dan pileg telah sepakat mengacu kepada data manual Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sesuai jadwal, rekapitulasi akhir penghitungan suara pilpres akan dilakulan 25 Mei 2019. Pada hari itu sudah dapat diketahuii siapa pemenangnya. Meski secara resmi KPU belum mengumumkan karena harus menunggu proses hukum, jika terjadi sengketa.

Mengingat hasil akhir ada di tangan KPU, maka semua pihak berharap KPU bersikap netral, profesional, proporsional.Jujur dan adil.

Tak kalah pentingnya, Bawaslu perlu  mengembangkan sikap responsif atas setiap keluhan, masukan dan pengaduan dari warga masyarakat terkait dugaan pelanggaran pemilu. Setiap pengaduan diperlakukan sama tanpa melihat latar belakang aspirasi politik, parpol atau kubu mana. Tak sebatas menerima pengaduan, yang terpenting proses lebih lanjut atas pengaduan.

Ini menjadi urgen karena pengaduan dugaan pelanggaran yang tidak terselesaikan secara baik, dapat memunculkan kekecewaan publik yang berdampak kurangnya legalitas rakyat terhadap hasil pilpres dan pileg.

Mari kita tunggu hasil akhir KPU sambil terus memelihara persaudaraan. Ciptakan kesejukan meski di antara tetangga beda pilihan.(*)