Monday, 19 August 2019

Pasca-Pilpres Penjualan Foto Presiden dan Wakilnya Masih Sepi

Sabtu, 20 April 2019 — 17:09 WIB
Lisda, penjual figura foto di dekat kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat menunjukan foto Presiden Joko Widodo. (cw2)

Lisda, penjual figura foto di dekat kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat menunjukan foto Presiden Joko Widodo. (cw2)

JAKARTA – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah berlangsung pada 17 April 2019 lalu. Masyarakat Indonesia akan memiliki Presiden serta Wakil Presiden baru untuk lima tahun kedepan. Paling tidak sesuai Undang-undang, siapa pemenang akan diumumkan KPU 22 Mei mendatang.

Bergantinya Presiden dan Wakil Presiden maka akan diikuti dengan pergantian foto Pemimpin Negara. Di mana biasanya potret sosok Presiden dan Wakil Presiden ini akan ditampilkan dalam bentuk foto yang difigura indah, dan dipajang di sekolah-sekolah, maupun sejumlah perkantoran.

Meskipun hasil perhitungan cepat sementara menunjukkan Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin mengungguli perolehan suara, namun di sejumlah penjual foto dan pigura yang berada di dekat kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, potret Ma’ruf Amin belum tampak terlihat. Menurut salah satu penjual, hal ini dikarenakan belum pastinya Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilantik Oktober nanti.

“Kalau permintaan itu belum ada. Soalnya hasilnya kan juga belum keluar, jadi permintaan ya belum ada. Sekarang adanya juga stok yang lama, foto Pak Jokowi sama JK,” ujar Lisda penjual figura foto, Sabtu (20/4/2019).

Biasanya, permintaan akan mulai masuk begitu pengumuman resmi Presiden dan Wakil Presiden diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum. Terlebih ketika menjelang pelantikan, permintaan yang masuk akan mulai banyak.

“Ya menjelang pelantikan biasanya yang minta itu banyak. Orang-orang kantoran, dari (pihak) sekolah-sekolah, biasanya bakalan nyari foto itu. Kalau sekarang ya belum,” jelasnya.

Ia menjual pigura foto berisikan potret diri Presiden maupun Wakil Presiden dengan dua ukuran, yakni 25 cm x 35 cm dan 30 cm x 40 cm. Untuk ukuran 25 cm x 35 cm dijual seharga Rp. 150 ribu, sedangkan ukuran 30 cm x 40 cm seharga Rp. 250 ribu. Menurutnya, ukuran 25 cm x 35 cm paling banyak dicari oleh pembeli.

“Ukuran 25 35 (25 cm x 35 cm) sih biasanya (banyak dibeli), tapi sama aja sih,” pungkas Lisda. (cw2/b)