Thursday, 23 May 2019

Ternyata Ini Alasan Prabowo Deklarasikan Kemenangannya sampai 3 Kali

Sabtu, 20 April 2019 — 14:43 WIB
Prabowo-sujud-syukur-(yendhi)--1

JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto – Sandiaga Uno telah mendeklarasikan diri sebagai pemenang Pilpres 2019. Klaim kemenangan dilakukan saat penghitungan suara resmi oleh KPU msh dilakukan di tingkat kecamatan dan beberapa hasil hitung cepat lembaga survei memenangkan saingannya, pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Pipin Sopian, mengungkapkan alasan deklarasi kemenangan Prabowo – Sandi yang sudah dilakukan tiga kali sejak usai pecoblosan pada 17 April.

“Pak Prabowo sampaikan (deklarasi kemenangan) itu berdasar data internal,” ungkapnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Selain itu Pipin menilai deklarasi kemenangan perlu dilakukan sebagai penyeimbang opini kemenangan Jokowi – Ma’ruf yang terjadi akibat hasil hitung cepat oleh berbagai lembaga survei.

“Dan ini penting untuk seimbangkan opini publik di media massa yang terlalu jor-joran membangun opini publik sekaan-akan Pilpres dan pemilu selesai dengan dikeluarkannya hasil quick count oleh berbagai lembaga survei,” jelasnya.

Menurutnya hasil hitung cepat yang dipublikasikan hampir di semua media membuat seolah proses Pemilu selesai. Padahal menurutnya proses Pemilu 2019 masih berjalan di KPU.

“Yang (anggaran) 25 triliun lebih untuk penyelenggaraan pemilu jangan sampai diselesaikan hari itu juga (oleh quick count), seakan-akan tidak menghormati proses yangg ada di KPU,” tutup Pipin. (ikbal/yp)