Friday, 24 May 2019

Dicukur Everton 4-0, MU Gagal ke 4 Besar

Minggu, 21 April 2019 — 22:05 WIB
Tendangan salto penyerang Richarlison de Andrade membuka keunggulan Everton atas Manchester United. (reuters)

Tendangan salto penyerang Richarlison de Andrade membuka keunggulan Everton atas Manchester United. (reuters)

INGGRIS – Manchester United (MU) kembali meraih hasil buruk dalam pertandingan lanjutan Liga Primer Inggris. Tim berjuluk Setan Merah dipaksa tunduk 0-4 pada pekan ke-34 saat bertandang ke markas Everton, di Goodison Park, Minggu (21/4/2019) malam WIB.

Hasil itu pun membuat MU gagal menyalip Arsenal di peringkat 4 dengan torehan 66 poin dari 33 pertandingan yang sudah dijalankan. Pogba dan kawan-kawan harus puas tetap bertengger di peringkat 6 dengan poin 64 di bawah Chelsea yang kemasan poinnya sama dengan Arsenal namun sudah bermain 34 laga.

Sementara bagi Everton, kemenangan itu mendongkrak posisi mereka ke peringkat 10. Tambahan tiga angka membuat skuat asuhan Marco Silva ini mengemas 46 poin.

(BacaGagal di Liga Champions, Everton Bakal Sasaran Amuk MU)

Bermain di kandang sendiri, Everton sebenarnya tampil lebih santai. Namun, mereka mampu memanfaatkan setiap peluang dengan baik.

Sementara, MU tampil menekan sejak menit-menit awal. Namun kesulitan menembus wilayah pertahanan Everton. Disiplinnya barisan pertahanan kubu tuan rumah membuat tim tamu sulit memperoleh peluang.

Lewat aksi penyerang Richarlison de Andrade, Everton kemudian berhasil membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan 13 menit. Berawal dari lemparan ke dalam oleh Lucas Digne yang langsung mengarah ke kotak penalti MU, bola lalu diteruskan Dominic Calvert-Lewin dengan sundulan dan disambut Richarlison dengan tendangan salto yang berhasil mengecoh kiper MU, David de Gea.

Keunggulan itu pun terus menjadi-jadi setelah pada menit ke-28, Everton melancarkan serangan balik yang cepat. Kali ini, kelihaian Gylfi Sigurdsson melihat celah membuahkan hasil setelah menerima umpan dari Gueye. Dengan cerdik Sigurdsson berhasil melepaskan tembakan jarak jauh dan bola meluncur deras ke pojok kanan gawang MU tanpa bisa dibendung De Gea. Everton memimpin 2-0 hingga jeda.

Babak Kedua

Tak ingin tertinggal, MU kemudian mencoba menguasai bola dan membangun serangan pada babak kedua. Namun, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini tetap kesulitan memaksimalkan peluang.

Bahkan, gawang De Gea kembali kebobolan pada menit ke-56. Berawal dari sepak pojok, bola sebenarnya bisa dihalau ke luar kotak penalti oleh kiper asal Spanyol itu. Akan tetapi, Digne datang dari lini kedua untuk melepaskan tembakan voli yang langsung menjebol gawang De Gea. Keunggulan Everton bertambah menjadi 3-0.

Seakan belum puas, Everton pun kembali menunjukkan keperkasaannya pada menit ke-64. Kali ini lewat Theo Walcott yang berhasil lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan dari Sigurdsson. Walcott yang hanya tinggal berhadapan dengan De Gea mampu secara mudah memperdaya kiper 28 tahun itu dan membawa Everton unggul 4-0. Skor ini menjadi penutup kemenangan Everton atas MU. (ys)

Susunan Pemain:

Everton: Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Kurt Zouma, Lucas Digne; Idrissa Gueye, Morgan Schneiderlin; Richarlison, Gylfi Sigurdsson, Bernard; Dominic Calvert-Lewin.

Man United: David De Gea; Victor Lindelof, Chris Smalling, Phil Jones, Diogo Dalot; Nemanja Matic, Fred, Paul Pogba; Marcus Rashford, Romelu Lukaku, Anthony Martial.