Friday, 23 August 2019

Kawasan Danau Sunter akan Jadi Kota Tanpa Kabel

Minggu, 21 April 2019 — 20:40 WIB
Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara. (deny)

Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara. (deny)

JAKARTA – Kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, akan dijadikan pilot project kota tanpa kabel di Jakarta Utara. Penataan ini, juga bersamaan Intruksi Gubernur DKI, mengenai Penataan dan Penertiban Jaringan Utilitas.

“Mewujudkan kota yang indah, mengesankan, menyenangkan dan sedap dipandang mata adalah komitmen Pemkot Jakarta Utara,” ucap Kabag Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH), Ardan Solihin, Minggu (21/4).

Menurutnya, latarbelakang penerbitan Ingub tersebut disebabkan kondisi Jaringan Utility berupa Kabel Udara dan tiang penyangga Kabel Udara eksisting yang tidak tertata. “Sehingga menggangu kenyamanan dan keyamanan pejalan kaki,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Ardan, keberadaan jaringan utilitas yang berada pada saluran air dapat menyebabkan penyumbatan dan berpotensi terjadinya banjir. Karenanya, Pemkot Jakut bertekad menjadikan wilayah Danau Sunter sebagai pilot project bebas kabel

Sebagai bukti Jakarta Utara berkomitmen pencanangan kota tanpa kabel, rencananya Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan akan hadir untuk melakukan pemutusan kabel di depan SPBU Shell, Danau Sunter Utara pada hari Kamis (25/4) depan. (deny/win)