Friday, 23 August 2019

Pawai Budaya Nusantara Pukau Pengunjung TMII

Minggu, 21 April 2019 — 23:30 WIB
Pawai budaya nusantara yang disajikan untuk pengunjung TMII. (ifand)

Pawai budaya nusantara yang disajikan untuk pengunjung TMII. (ifand)

JAKARTA – Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dimanjakan dengan pawai budaya nusantara, Minggu (21/4/2019). Kegiatan yang ditampilkan ratusan penari dari seluruh provinsi membuat warga yang berlibur kegirangan.

Destri (39), pengunjung, mengatakan dirinya cukup beruntung karena saat berlibur mendapatkan tontonan tersebut. Pasalnya, tarian hingga kebudayaan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Ya senang dapat tontonan begini. Apalagi tariannya juga bagus ditambah kostum yang berwarna,” katanya.

Destri mengatakan, kedatangannya ke TMII untuk melihat perayaan HUT yang ada. Anaknya merengek untuk datang setelah tahu kemarin gratis masuk ke dalamnya.

“Cuma kemarin katanya padat banget, makanya pilih hari ini. Cuma harusnya gratisnya dua hari dong biar warga senang,” ujarnya.

Dalam kegiatan pawai budaya Nusantara, ragam kreasi tari daerah dengan paduan busana warna cerah menghiasi pelataran Plaza Tugu Api Pancasila TMII. Gerak lincah para penari dengan iringan gamelan membius penonton yang hadir.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, mengatakan Pawai Budaya Nusantara yang ditampilkan berbalut seni budaya daerah tersebut, sesuai visi dan misi TMII. Kegiatan ini sebagai puncak perayaan HUT ke 44 TMII.

“Kegiatan ini dikemas dalam bentuk edukasi budaya dengan tampilan ragam tari daerah,” katanya.

Menurut Tantri, TMII sebagai pelestari budaya akan terus melestarikan budaya bangsa. Salah satunya dengan menggelar acara yang menampilkan dan mengembangkan kegiatan yang berbalutkan seni dan budaya daerah.

“Jadi, Pawai Budaya Nusantara ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat masyarakat mencintai budaya bangsanya,” tandasnya (ifand/ys)