Friday, 23 August 2019

Pemilu Sudah Selesai Harga Sembako Tetap Mahal

Minggu, 21 April 2019 — 6:42 WIB
: Seorang pedagang sedang melayani pembali.  (wandi)

: Seorang pedagang sedang melayani pembali. (wandi)

JAKARTA – Pasca-Pemilihan Umum (Pemilu), sejumlah kebutuhan pokok terutana sayur-sayuran berlomba-lomba naik. Kenaikan harga ini tak tanggung-tanggung, berkisaran antara Rp 20 hingga 25 ribu dan ini tentu sangat memberatkan warga maupun pedagang.

Seperti yang diungkapkan oleh Devi, warga Koja, Jakarta Utara belakangan sejumlah kebutuhan pokok terutama bawang merah dan bawang putih harganya naik cukup tinggi.

“Memang sejumlah sayur mayur mengalami kenaikan. Tapi yang paling terasa adalah harga bawang merah dari harga Rp25 ribu naik menjadi 45 ribu. Begitu pula bawang putih dari dari Rp 30 ribu kini naik menjadi Rp 55 ribu,”terang Devi, Sabtu (20/4).

Menurutnya kenaikan ini terjadi dalam dua minggu terakhir ini dan belum ada tanda-tanda penurunan. Kenaikan harga sembako ini tentu membawa imbas kepada pedagang maupun warga. Untuk itu warga berharap pemerintah cepat mengambil tindakan agar tidak lama-lama.

Keluhan yang sama juga disampaikan oleh Leo, 45, seorang pedagang. Menurutnya, semenjak ada kenaikan harga ini dagangannya sepi. “Semenjak ada kenaikan ini daganan jadi sepi. Tentu hal ini kami khawatir para pedagang bisa-bisa gulung tikar, makanya kami berharap pemerintah mengambil tindakan, “terang Leo.

Pria yang sudah 10 tahun jualan sembako ini berharap harga ini kembali seperti semula. Sebab penurunan ini sangat sedikit sehingga warga masih terbebani. (wandi)