Friday, 23 August 2019

Tekuk Cardiff 0-2 Liverpool Terus Menjaga Asa Juara

Senin, 22 April 2019 — 0:22 WIB
Gaya James Milner usai mencetak gol lewat tendangan penalti (reuters)

Gaya James Milner usai mencetak gol lewat tendangan penalti (reuters)

INGGRIS– Berhasil menekuk Cardiff City 0-2, Liverpool kembali ke puncak klasemen sementara Liga Inggris menggusur Manchester City ke peringkat kedua. Liverpool dan City terus saling susul menyusul menjaga asa merebut juara Liga Inggris musim ini.

Pada laga yang dihelat di Cardiff City Stadium, Minggu (21/4/2019) kedua gol The Reds dicetak oleh Georginio Wijnaldum menit ke-57 dan gol penalti James Milner menit ke-81.

Hasil ini membawa Liverpool mengemas 88 poin dari 35 laga berjarak dua poin dari Man City yang baru bermain 34 kali.

Sedangkan bagi Cardiff kekalahan ini membuat mereka kian terancam terdegradasi musim depan karena hingga laga ke-35 masih berada di peringkat 18 memiliki 31 poin.

Menguasai laga pada babak pertama namun Liverpool tidak mampu mencetak gol. Tampak anak asuh Jurgen Klopp itu gugup karena dibebani wajib menang jika ingin terus memiliki asa memburu gelar Liga Primer musim ini. Pasalnya pesaing utamanya City Sabtu malam mampu mengalahkan Tottenham Hotspur.

Beberapa kali Liverpool mengancam pertahanan tuan rumah lewat Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Menit ke- 22 harusnya Liverpool sudah unggul ketika Roberto Firmino berhadapan langsung dengan kiper Cardiff. Sayang sepakan pemain asal Brasil ini usai menerima umpan terobosan dari Mane masih melambung meninggalkan gawang tuan rumah.
Pada menit ke-31 giliran Sadio Mané gagal mencetak gol karena tendangannya masih melambung di atas gawang Cardiff usai menerima assist dariTrent Alexander-Arnold silang. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Memasuki babak kedua Liverpool langsung tancam gas. Pada menit ke-57 akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat gol Wijnaldum.

Berawal dari sepak pojok yang dilepas oleh Trent Alexander-Arnold bola melambung ke kotak penalti dan dihalau pemain-pemain Cardiff. Bola muntah itu mengarah kepada. Georginio Wijnaldum yang kemudian lewat tembakan kaki kanannya mampu menjebol gawang yang dijaga Etheridge.

Gol itu memacu semangat pemain-pemain Liverpool. Mereka mulai lepas dari ketagangan dan terus menekan pertahanan tuan rumah.
Sayang beberapa peluang masih gagal. Dan menit ke-75 James Milner masuk menggantikan Fabinho karena cedera. Hadirnya pemain gelandang bertahan ini membuat tekanan Liverpool ke gawang Cardiff kian tajam.

Menit ke-80 Liverpool diberikan hadiah penalti ole wasit karena kapten tim Cardiff, Sean Morrison menjatuhkan Sala di kotak terlarang. Meski diprotes pemain Cardiff namun wasit tetap menunjuk titik putih.

Milner yang maju jadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Tendangan kerasnya gagal diantisipasi kiper Etheridge.

Unggul 2-0 tidak lalu membuat Liverpool mengendorkan tekanan. Bahkan hingga tiga menit waktu tambahan yang diberikan wasit mereka manfaatkan mencari gol sayang tidak ada lagi yang tercipta hingga babak kedua berakhir. (b)