Saturday, 21 September 2019

Tiket Pesawat Masih Mahal, Menhub Janji Panggil Sejumlah Maskapai

Selasa, 23 April 2019 — 21:14 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (cw4)

Menhub Budi Karya Sumadi. (cw4)

 JAKARTA – Harga tiket pesawat tidak kunjung turun atau masih mahal, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji menggelar pertemuan dengan operator maskapai untuk membahas tarif tiket pesawat.

Budi mengatakan, pembahasan tariff tiket yang masih mahal sangat mendesak dan dia menilai perusahaan belum optimal menyesuaikan harga tiket setelah pemerintah mengumumkan aturan tarif.

Budi Karya mengatakan pemerintah perlu menimbang adanya dua instrumen yang ditawarkan kepada maskapai dalam pembahasan lanjutan itu. Instrumen pertama adalah kemungkinan turunnya tarif batas atas untuk periode penerbangan tertentu.

Sedangkan, instrument kedua adalah menyediakan subprices atau kelas harga untuk masing-masing kelas.

Budi menyebutkan pihaknya tidak mau intervensi soal tariff pesawat selama tidak bertentangan dengan aturan yang ada yang dapat mengganggu bisnis penerbangan.

Sementara itu, dua maskapai penerbangan besar Garuda Indonesia dan Lion Air mengaku hingga kini belum diundang regulator untuk mengikuti rapat. “Saya belum mengetahui hal (undangan) itu,” ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala saat dihubungi Tempo pada Selasa, 23 April 2019.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan. Mengatgakan pihknya belum update kabar terahir. Namun dijelaskan sampai kini belum ada perintah dari pimpinanya soal rencana pertemuan dengan Menteri Pehubungan untuk membicarakan tariff. (dwi/win)