Friday, 24 May 2019

BAZIS Indramayu Perbaiki Dua Rumah Gakin di Gantar

Rabu, 24 April 2019 — 23:59 WIB
Rumah Bapak Dari yang dinilai  tidak layak huni ini mendapatkan bantuan perbaikan.   (taryani)

Rumah Bapak Dari yang dinilai tidak layak huni ini mendapatkan bantuan perbaikan. (taryani)

INDRAMAYU  – Pemerintah Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  tahun anggaran 2019 ini dipercaya Badan Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh (BAZIS) Kabupaten Indramayu  memperbaiki  dua unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik keluarga miskin (Gakin)  menjadi Rumah Layak Huni.

Besarnya bantuan dana yang disalurkan dari Baznas Kabupaten Indramayu sebesar Rp8,5 juta yang dipergunakan untuk memperbaiki  2 rumah warga tidak mampu di Kecamatan Gantar. Bantuan dana dari Baznas Kabupaten Indramayu itu jika digunakan untuk memperbaiki 2 rumah warga yang tidak layak huni dirasa tidak mencukupi.

Karena itu,  ada bantuan tambahan dari APBDesa dan masyarakat sekitar untuk membiayai perbaikan kondisi  rumah Ibu Eem di Blok Pilang Maja, Desa Baleraja dan rumah Bapak Dari di Blok Jatimulya, Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar.

Semula kondisi rumah Ibu Eem itu sangat memprihatinkan. Rumah itu berpagar bambu dan tampak kumuh serta berudara lembab karena kurang ventilasi. Setelah direhab melalui bantuan dana dari Baznas, APBDes dan dermawan masyarakat sekitar,  kondisi rumah wanita itu lebih baik dan layak huni.

Demikian juga kondisi rumah Bapak Dari yang jika turun hujan gentengnya banyak yang bocor, lantai semen dan dinding pagar bambu, kini setelah diperbaiki nampak  layak huni dan terlihat tidak kumuh lagi.

Camat Gantar  Asep Machmud menyatakan berterima kasih atas perhatian Baznas Kabupaten Indramayu terhadap 2 rumah warga miskin di Kecamatan Gantar yang semula tidak layak huni menjadi layak huni.  “Semoga bantuan  Baznas Kabupaten Indramayu bermanfaat bagi masyarakat kami,” katanya. (taryani/win)