Sunday, 18 August 2019

Gol Telat Eriksen Amankan Hotspur di Peringkat Ketiga

Rabu, 24 April 2019 — 5:44 WIB
Christian Eriksen rayakan gol ke gawang Brighton & Hove Albion (reuters)

Christian Eriksen rayakan gol ke gawang Brighton & Hove Albion (reuters)

INGGRIS– Gol telat Christian Eriksen mampu membawa Tottenham Hotspur menang tipis 1-0 atas tamunya Brighton & Hove Albion pada laga lanjutan Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (24/4/2019) dinihari WIB.

Kemenangan ini membuat Hotspur aman di peringkat ketiga klasemen sementara. Pasalnya hingga laga ke-35 , Spurs mengemas 70 poin berjarak tiga poin dari Chelsea di peringkat keempat atau berjarak empat poin dari Arsenal di posisi kelima.

Dengan demikian meski Arsenal nanti menang di kandang Wolves tidak akan mampu mengejar angka Tottenham. Paling Arsenal naik ke peringkat empat menggusur Chelsea.

Menjamu Brighton dengan misi wajib menang, Tottenham Hotspur menguasai penuh pertandingan. Catatan yang ada tuan rumah menguasai bola hingga 78 persen.

Sepanjang babak pertama banyak peluang yang tercipta. Namun karena Ryan, kiper tim tamu bermain cantik membuat banyak peluang Hotspur menjadi sia-sia.

Seperti pada menit ke-18 tembakan keras lewat kaki kiri Eriksen usai menerima umpan dari Kieran Trippier masih mampu dihalau Ryan.

Hotspur terus membombardir pertahanan Brighton membuat tim tamu harus memarkir hampir seluruh pemainnya di area pertahanan. Menit ke-25 misalnya tembakan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Victor Wanyama lagi-lagi bisa diblok Ryan.
Menit ke-37 giliran usaha dari Toby Alderweireld yang menerima umpan dari Dele Alli masih bisa digagalkan pemain belakang Brighton & Hove Albion.

Tampak pemain-pemain Tottenham gemas karena beberapa kali selalu gagal mencetak gol sehingga babak pertama berakhir dengan imbang 0-0.

Memasuki babak kedua Hotpsur kembali menekan pertahanan Brighton. Menit ke-71 harusnya tuan rumah sudah unggul ketika Son Heung-Min mampu melepaskan tembakan dengan kaki kiri usai menerima umpan dari Fernando Llorente. Lagi-lagi Ryan mampu menggagalkannya.

Akhirnya Tottenhan Hotspur berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-88. Berawal dari umpan yang diberikan oleh Delle Alli kepada Christian Eriksen lalu dari luar kotak penalti melepaskan tembakan dengan kaki kirinya . Bola menghujam ke sudut kanan bawah gawang Ryan dan kali ini gagal dihalau.

Setelah tertinggal Brighton berbalik mengancam pertahanan Hotspur. Seperti pada masa injury time babak kedua tepatnya menit ke- 90′ + 2 tim tamu nyaris menyamakan kedudukan lewat tendangan Solly March usai menerima assist dari Martín Montoya.

Brighton & Hove Albion akhirnya kalah 0-1 membuat mereka kini berada di peringkat ke-17 dengan mengemas 34 poin yang belum aman dari ancaman degradasi karena hanya berjarak tiga poin dari Cardiff City di bawahnya atau batas zona degradasi. (B)