Sunday, 18 August 2019

Tekuk Alaves 0-2 Barcelona di Ambang Juara

Rabu, 24 April 2019 — 5:04 WIB
Suarez dan Alena penentu kemenangan Barcelona atas Alaves (reuters)

Suarez dan Alena penentu kemenangan Barcelona atas Alaves (reuters)

SPANYOL– Barcelona semakin dekat dengan predikat juara Liga Spanyol usai mengalahkan Deportivo Alaves 2-0 di Estadio de Mendizorroza, Rabu (24/4/2019) dinihari WIB.

Dengan kemenangan ini Barca tinggal meraih tiga poin atau sekali kemenangan sudah jadi pemilik trofi La Liga lantaran poin mereka tidak lagi terkejar Atletico Madrid yang ada di peringkat kedua.

Kedua gol Blaugrana dicetak ole Carles Alena menit je-54 dan Luis Suarez menit ke-60. Meski menang 2-0 sebetulnya tidak terlalu mudah bagi Barca mencuri tiga poin di kandang Alaves.

Buktinya sepanjang babak pertama klub bertabur bintang ini gagal mencetak gol meski menguasai penuh pertandingan. Banyak peluang tercipta nyatanya tidak ada yang berbuah gol lantaran penyelesain akhir yang buruk.

Fernando Pacheco, kiper Alaves juga bermain gemilang yang beberapa kali melakukan penyelamatan. Seperti pada menit ke-29 tendangan keras Suarez ke pojok gawang masih bisa ditepis oleh Pacheco.

Sementara Alaves yang didukung penonton juga beberapa kali mengancam gawang Ter Stegeng hanya saja mereka selalu terburu-buru sehingga babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Memasuki babak kedua Barca kembali menekan pertahanan Alaves. Akhirnya menit ke-54 berhasil memecah kebuntuan.

Berawal dari serbuan Barca dari sisi kanan pertahanan Alaves. Roberto melepas umpan ke kotak penalti dan bola dikuasai Alena yang kemudian melepaskan sepakan akurat ke pojok bawah gawang dan tak mampu dihentikan Pacheco.

Empat menit kemudian Barca kian menjauh lewat gol tendangan penalti Luis Suarez. Wasit memberikan hadiah penalti karena pemain Alaves , Pina menyentuh bola di kotak penalti. Suarez yang jadi algojo sukses menjalankan tugasnya.

Sebetulnya sebelum menunjuk titik putih, wasit harus meminta bantuan VAR. Awalnya tendangan bebas yang dilakukan Dembele membuat kemelut di depan gawang Alaves. Bola sempat menyentuh tangan Pina namun jatuh ke kaki Gerard Pique yang kemudian menceploskan bola ke gawang dan tidak bisa dihalau Pacheco.

Wasit menganulir gol tersebut yang kemudian diprotes oleh pemain-pemain Barca. Sang juru pengadil lalu meminta bantuan VAR. Ternyata sebelum terjadi gol Pina menyentuh bola sehingga wasit menumjuk titik putih.

Unggul 2-0 tak lama kemudian Lionel Messi masuk menggantikan Dembele. Hadirnya sang mega bintang diharapkan agar Barca menambah gol. Sayang Messi kali ini gagal karena hanya memiliki beberapa peluang.

Seperti pada menit -68 Messi sukses melewati dua pemain Alaves menuju kotak penalti, ia lalu melepaskan tembakan akurat dari sudut sempit yang masih bisa dihadang Pacheco.

Tampak Messi kurang beruntung pada laga ini sehingga dia tidak berhasil menambah pundi-pundi golnya hingga laga usai.

Meski demikian Barca sudah diambang juara. Hingga laga ke-34 Blaugrana telah mengemas 80 poin berjarak 12 poin dari Atletico Madrid. Barca butuh tiga poin lagi untuk jadi juara.

Pasalnya Atletico di sisa tujuh laga yang dilakoni hanya mampu mengumpulkan 83 poin. Jika Barca mampu menambah tiga poin lagi maka nilai  keduanya akan sama. Hanya saja Barca sudah jadi pemenang karena unggul head to head dan juga unggul selisih gol.

Sedangkan bagi Alaves kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat kedelapan mengemas 46 poin. (b)