Friday, 24 May 2019

Sambangi Rusia, Kim Jong-un: Semoga Kunjungan ini Bermanfaat

Kamis, 25 April 2019 — 11:07 WIB
Kim Jong-un jelang pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di kota Vladivostok, Rusia timur. (reuters)

Kim Jong-un jelang pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di kota Vladivostok, Rusia timur. (reuters)

RUSIA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membuat penampilan yang sangat langka di depan pers di Rusia, menjelang pertemuan puncaknya dengan Vladimir Putin.

Ini menjadi wawancara pertama Jong-un dengan wartawan asing. Ia mengatakan, bahwa kedatangannya ke Rusia dengan penuh persahabatan. ” Saya berharap kunjungan ini akan berhasil dan bermanfaat. Selama pembicaraan dengan Presiden Putin saya dapat membahas secara khusus masalah resolusi Semenanjung Korea dan pengembangan hubungan bilateral kami,” ujar Pemimpin Korea Utara tersebut dilansir Reuters, Kamis (25/4/2019).

Rencananya, kedua pemimpin akan bertemu di kota Vladivostok di Rusia timur jauh di tengah ketegangan seputar program nuklir pemimpin Korea Utara.

Jong-un duduk dengan pejabat lokal serta wakil menteri luar negeri Rusia sebelum melanjutkan perjalanannya ke Vladivostok.

Situs pemerintah setempat mengatakan: “Saya telah mendengar banyak tentang negara Anda dan telah lama bermimpi untuk mengunjunginya. Sudah tujuh tahun sejak saya memegang kemudi, dan saya baru saja berhasil mengunjungi.”

Vladimir Putin dan Kim Jong Un akan bertemu untuk pertama kalinya. Jong-un adalah pemimpin Korea Utara pertama yang melakukan perjalanan ke Rusia sejak almarhum ayahnya, Jong Il, berkunjung pada 2011.

Penasihat Kremlin Yuri Ushakov mengatakan, perdagangan bilateral Rusia dengan Korea Utara turun lebih dari 56% tahun lalu karena sanksi terhadap Pyongyang. (mb)