Sunday, 18 August 2019

Dinas Kesehatan Depok Siap Bantu Ibu Melahirkan di KRL

Jumat, 26 April 2019 — 12:27 WIB
ilustrasi

ilustrasi

DEPOK – Dinas Kesehatan Kota Depok memberi bantuan bagi wanita muda yang melahirkan dalam KRL di Stasiun Universitas Indonesia (UI).

“Nanti dibantu melalui bantuan biaya keseluruhan dari Bansos,” Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novalita, usai menghadiri tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP),Cilodong, Kota Depok, Jumat (26/4/2019).

Ia mengaku belum mendapat laporan langsung dari keluarga korban. “Belum ada laporan dari keluarga korban,” tambahnya.

Sementara itu, dokter Vita Silvana yang menangani wanita 21 tahun itu mengatakan kondisi ibu bayi membaik. “Tidak ada tanda-tanda yang mengarah mengancam nyawanya. Namun memang bayi yang masih di bawah usia 20 minggu nasibnya tidak dapat tertolong lagi atau tidak dapat bertahan hidup,” ujarnya kepada wartawan di IGD RS UI.

Menurutnya, dengan usia kehamilan 18 minggu kondisi janin sudah berbentuk bayi dengan berat di bawah 50 gram. “Usia dan berat badan seperti itu bekum bisa hidup mandiri jadi kemungkinan hidupnya memang kecil. Bila usianya 26 minggu maka bisa dibantu dengan alat-alat medis,” sambungnya.

“Sewaktu dibawa ke rumah sakit ini, bayi itu juga tak ada tanda-tanda kehidupan.”
Wanita penumpang itu melahirkan dalam gerbong KRL dalam perjalanan Bogor-Jakarta kota. Proses kelahiran dibantu wanita penumpang lainnya. (angga/yp)