Friday, 24 May 2019

Hadapi Bali United, Ada Motivasi Ganda Persija

Jumat, 26 April 2019 — 6:08 WIB
Pemain Persija Jakarta. (twitter @Persija_Jkt)

Pemain Persija Jakarta. (twitter @Persija_Jkt)

JAKARTA – Motivasi berlipat ganda siap ditunjukkan Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta saat melawan Bali United (BU) pada laga leg pertama perempatfinal Piala Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (26/4) pukul 15:30 WIB.

Bisa mengalahkan tim yang ditukangi mantan pelatih mereka itu, tentu jadi motivasi lebih bagi Ismed dan kolega.

Selain membayar lunas kekalahan 2-3 dari Ceres Negros di ajang Piala AFC, Selasa (23/4), kemarin, pasukan Ivan Kolev itu tentu akan lebih berhasrat untuk bisa membungkam BU yang ditukangi mantan pelatih Persija, Stefano ‘Teco’ Cugurra.

Apalagi dalam barisan skuad BU, juga terdapat beberapa mantan punggawa Persija, seperti Gunawan Dwi Cahyo, Stefano Lilipaly, Michael Orah, Willian Silva Costa Pachecho, Sutanto Tan, I Nyoman Sukarja, dan Leonard Tupamahu.

Motivasi berlipat itu, salah satunya dimiliki sang gelandang, Sandi Sute. Sebelumnya, Sandi berhasil mencetak satu dari dua gol Persija ke gawang Ceres. Kali ini, Sandi tentu ingin melanjutkan aksinya di Gianyar.

“Intinya kami harus kerja keras dan jangan terpengaruh. Kami juga harus bangkit dari kekalahan melawan Ceres. Sekali lagi ini pertandingan penting sebagai modal untuk jalani leg kedua melawan Bali di kandang,” ungak Sandi.

Sandi juga pasti ingin mengulangi kenangan manis saat menghadapi BU di Gianyar pada Liga 1 musim lalu. Saat itu dia berhasil mencetak satu gol ke gawang BU untuk membantu Persija, menang 2-1. Oleh alasan itu, Kolev tidak menerapkan latihan berat demi menjaga kebugaran para pemainnya pada laga nanti. “Saya pikir kami lebih banyak fokus untuk memulihkan pemain sebelum bertanding,” ungkap pelatih asal Bulgaria tersebut.

Di sisi lain, Teco justru telah menyiapkan formula khusus untuk menghadapi mantan tim asuhannya itu demi membidik kemenangan di depan publik sendiri. “Kita sudah latihan di semua aspek yakni fisik, teknik, dan taktik. Semua pemain punya konsentrasi dan kerja keras di latihan. Mudah-mudahan kita bisa main bagus dan bisa menang lawan Persija. Saya juga sudah nonton pertandingan mereka lawan Ceres kemarin,” aku Teco.

Seperti diketahui, mulai fase perempatfinal Piala Indonesia tahun ini, menggunakan format kandang-tandang. Itu artinya, bisa mengalahkan Persija di depan publik sendiri, akan lebih memudahkan pasukan Teco untuk melakoni leg kedua sebagai tamu pada 4 Mei mendatang. Pemenang di laga ini sendiri, nantinya akan bertemu pemenang antara Borneo FC dan Persib Bandung di babak semifinal, pertengahan Mei mendatang. (junius/b)