Friday, 23 August 2019

Irjen Rudi Sufahriadi jadi Kapolda Jawa Barat

Jumat, 26 April 2019 — 22:35 WIB
Irjen Pol Rudy Sufahriadi (ist)

Irjen Pol Rudy Sufahriadi (ist)

JAKARTA – Gerbong rotasi di tubuh Polri kembali bergerak. Sejumlah jabatan yang diemban jenderal dan perwira menengah berganti, termasuk pergantian beberapa kapolda. Dalam rotasi tersebut Kapolda Jabar dan Jateng naik menjadi bintang tiga.

Dalam mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram ST/1202/IV/Kep/2019 itu beberapa posisi yang dijabat jenderal bintang tiga yang akan memasuk pensiuan diisi pejabat baru. Seperti Irjen Agung Budi Maryoto Kapolda Jabar diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri, artinya Agung naik menjadi Komjen.

Begitupula Kapolda Jawa Tengah. Irjen Condro Kirono dipromosikan sebagai Kabaharkam Polri dengan pangkat Komjen.

Kabiro Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, rotasi itu menggantikan yang purna tugas. “Selain itu promosi, tour of area, tour of duty dalam meningkatkan kinerja organisasi,” ujarnya, Jumat (26/4).

Posisi Kabintelkam Polri sebelumnya dijabat Komjen Unggung Cahyono dan Irwasum dijabat Putut Eko Bayu Seno. Dua jenderal ini dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun.

Posisi Kabaintelkam selanjutnya diisi Irjen Agung Budi Maryoto yang saat ini menjabat Kapolda Jabar. Posisi yang ditinggalkan Agung diisi Irjen Rudi Sufahriadi yang kini Asops Kapolri.

Jabatan Asops Kapolri selanjutnya diisi Irjen Martuani Sormin yang saat ini menjabat Kapolda Papua. Tongkat estafet Kapolda Papua selanjutnya akan diisi Brigjen Rudolf Albert Rodja yang kini menjabat Kapolda Papua Barat. Selanjutnya, tongkat komando Papua Barat akan diserahkan kepada Herry Rudolf Nahak. Herry saat ini menjabat Diitipidum Bareeskrim.

GUBERNUR AKPOL

Posisi Dirtipidum selanjutnya diisi Brigjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Kabinops Bareskrim. Pergantian juga dilakukan terhadap Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono. Dia promosi sebagai Kabaharkam Polri. Posisi Condro selanjutnya diisi Irjen Ryco Amelza yang saat ini menjabat Gubernur Akpol.

Posisi Irwasum yang dijabat Komjen Putut Bayu Seno digantikan Komjen Moechgiyarto yang menjabat Kalemdiklat. Sementara jabatan Kapolda NTB yang sebelumnya dijabat Irjen Achmat Juri akan diserahkan kepada Brigjen Nana Sujana yang kini menjabat Direktur Politik Baintelkan. Achmat Juri selanjutnya akan menjabat Gubernur Akpol. (iw/st)