Friday, 23 August 2019

Luapan Kali Ciliwung Mulai Tumpah ke Jalan, 3 Kelurahan di Kramatjati Banjir

Jumat, 26 April 2019 — 8:32 WIB
Air Ciliwung meluap ke pemukiman warga hingga ke Kolong fly over jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan. (yp)

Air Ciliwung meluap ke pemukiman warga hingga ke Kolong fly over jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan. (yp)

JAKARTA –  Air kiriman dari Bogor, akhirnya tiba di Jakarta sekitar pukul 02:00 WIB. Ratusan rumah warga yang berada di bantaran Kali Ciliwung pun mulai terendam. Bahkan, luapan air juga menggenangi jalan tepatnya dibawah flyover arah Kalibata.

Camat Kramajati, Eka Darmawan mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pendataan berapa RW di wilayahnya yang tergenang.

Pasalnya, untuk di Kramatjati sendiri, ada tiga kelurahan yang terdampak. “Masih kami lakukan pendataan, secepatnya akan saya sampaikan,” katanya, Jumat (26/4/2019).

Dikatakan Eka, air luapan kali Ciliwung saat ini menggenangi wilayah kelurahan Balekambang, Cililitan dan Cawang. Ketinggian air pun bervariasi mulai dari 1,5 meter hingga mencapai 2 meter. “Di setiap kelurahan pun kami sudah siapkan posko untuk mengatasi masalah ini,” ujarnya.

Eka mengaku, selain menggenangi rumah warga, air di wilayah RW 05 Cawang, telah tumpah ke jalan. Beruntung, karena kendaraan yang saat ini melintas di flyover sehingga tak menimbulkan dampak bagi pengguna jalan. “Untuk yang dijalan sendiri, air sudah mencapai betis orang dewasa,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Jakarta Jumat (26/4) akan kembali tergenang akibat luapan kali Ciliwung. Sedikitnya 13 kelurahan yang berada di bantaran sepanjang kali Ciliwung akan terendam air dengan ketinggian yang biasanya mencapai 1,5 meter.

Berdasarkan data yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, kondisi bendungan katulampa memasuki siaga satu. Kali Ciliwung pun diprediksi akan meluap dan kembali menggenangi beberapa wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Sebanyak 13 kelurahan yang ada disepanjang bantaran kali Ciliwung nantinya akan banjir. Ke-13 wilayah itu adalah Kelurahan Srengseng Sawah, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu dan Manggarai. (Ifand/tri)