Sunday, 18 August 2019

Serahkan Saja pada Ahlinya

Jumat, 26 April 2019 — 4:42 WIB
SENTILAN-PAK-SUS

PETUGAS Pemilu, pilpres dan pileg pada berguguran. Bukan sekadar sakit karena kelelahan, tapi mereka benar-benar gugur dengan jumlah ratusan jiwa. Belum lagi yang menderita sakit. Mereka adalah pahlawan-pahlawan Pemilu.

Pemilu kali ini sangat fenomenal, disamping banyak persoalan yang muncul, soal penghitungan cepat, para peserta yang nggak mau kalah saling mengklaim kemenangan? Pendukung yang saling ngotot; Jagoan gue menang, kalian curang! Dst. Wah, ribut dan ribet ,deh!

Ya, sebenarnya sih, nggak usah ribut, karena kan ada aturan mainnya, kalau merasa ada yang nggak benar, semua bisa diselesaikan ke ranah hukum. Serahkan saja pada ahlinya, mengapa harus ribut. Selebihnya, kalah atau menang, ya harus menerima dengan legowo. Dah, yang menang bersyukur, karena mendapat amanah dari rakyat. Jangan bersenang-senang dulu, karena tugas berat menanti.

Bagi yang kalah, juga menerima dengan baik. bersabarlah. Karena kata pepatah, kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Begitu kan? Jadi nggak usah macam-macam, karena hanya akan mengeluarkan tenaga dan pikiran yang sangat melelahkan. Lebih baik itu tenaga dipakai untuk sama-sama berpikir, memberi masukan pada yang berkuasa.

Soalnya kalau masih emosi, maka jusrtru akan menimbulkan masalah baru. Sekarang saja rakyat sudah was-was, hidup jadi terganggu, karena masih gaduh.

Ya, semua pihak saling menghormati. Terutama pada mereka yang gugur dalam bertugas pemilu. Kesedihan yang melanda keluarga yang ditinggalkan masih belum sembuh. Jadi jangan pada gaduh,deh! -massoes