Thursday, 23 May 2019

Leg 1 Perempatfinal Piala Indonesia

Tumbang di Markas Bali United, Persija Telan Empat Kekalahan Beruntun

Jumat, 26 April 2019 — 19:19 WIB
Pertandingan Bali United vs Persija Jakarta. (twitter bali united fc)

Pertandingan Bali United vs Persija Jakarta. (twitter bali united fc)

BALI – Persija Jakarta gagal menang atas Bali United pada leg pertama perempatfinal Piala Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (26/4/2019). Macan Kemayoran kalah tipis 2-1.

Bali United berhasil unggul berkat dua gol yang diborong oleh Stefano Lilipaly pada menit ke-51 dan 80. Sementara Persija hanya bisa memperkecil ketertinggalan melalui gol Bambang Pamungkas pada menit ke-85.

Sebagai tuan rumah, Bali United memang memperlihatkan dominasinya sejak babak pertama. Bahkan, mereka nyaris unggul saat pertandingan baru berjalan 13 menit setelah dihadiahi penalti oleh wasit.

Namun, peluang emas dari titik putih gagal dieksekusi dengan baik oleh Lilipaly. Tendangan penaltinya masih dapat dimentahkan Shahar Ginanjar yang mengawal gawang Persija.

Pada laga itu Lilipaly memang kerap mengancam gawang Persija. Pada menit ke-27, ia meneruskan umpan dari sisi kiri dengan menyundul dan nyaris membuahkan gol. Bola hasil tandukannya masih melambung di atas mistar meski Shahar sudah keluar dari sarangnya.

Peluang lagi-lagi diperoleh Bali United empat menit menjelang babak pertama bubar. Kali ini melalui Paulo Sergio, namun upayanya belum bisa mengubah skor. Hingga jeda, kedudukan masih 0-0.

(BacaHadapi Bali United, Ada Motivasi Ganda Persija)

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung tuan rumah akhirnya datang pada babak kedua, menit ke-51. Lilipaly berhasil memecahkan telur melalui tendangan voli usai menerima umpan dari Irfan Bachdim.

Belum puas, tim yang kini diasuh mantan pelatih Persija Stefano Cugurra terus menggencarkan serangan untuk memperbesar keunggulan. Upaya Serdadu Tridatu pun berhasil. Mereka mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-80.

Gol tersebut kembali dicetak Lilipaly. Kali ini ia berhasil menuntaskan skema serangan balik cepat dari I Made Andhika di sisi kanan. Lilipaly dengan mudah menceploskan bola ke gawang Persija setelah mendapat operan bola.

Persija pun bukan tanpa perlawanan. Sejumlah peluang mereka peroleh di antaranya lewat striker Bruno Matos. Namun sayang tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Skuat asuhan Ivan Kolev ini baru bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-85 melalui Bambang Pamungkas. Striker gaek itu berhasil menceploskan bola yang sudah di mulut gawang, meneruskan aksi individu Riko Simanjuntak.

Skor 2-1 tak berubah hingga laga berakhir. Kedua tim akan kembali bertemu dengan Persija berstatus selaku tuan rumah pada Sabtu (4/5/2019) pekan depan.

Kekalahan itu juga membuat Persija berada dalam krisis kepercayaan diri. Mereka telah empat kali menderita kekalahan secara beruntun.

(BacaPersija Janji Bangkit di Piala Indonesia)

Tren negatif itu dimulai saat kalah dalam drama adu penalti oleh Kalteng Putra pada perempatfinal ajang Piala Presiden 2019. Selanjutnya di Piala AFC mereka menyerah 0-1 dari Ceres Negros di Filipina dan tumbang 2-3 oleh tim yang sama dalam laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat.

Alhasil, Persija gagal meraih gelar juara di Piala Presiden 2019, dan peluang untuk lolos dari fase grup Piala AFC 2019 pun sangat tipis. Kini, andai tak mampu meraih kemenangan saat menjamu Bali United, Macan Kemayoran juga harus merelakan gelar juara Piala Indonesia 2018-2019. (ys)

Susunan Pemain:

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; I Made Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin; Brwa Nouri, Fadil Sausu (Taufiq 82′), Paulo Sergio; Irfan Bachdim (Miftahul Hamdi 88′), Stefano Lilipaly, Yabes Roni. Pelatih: Stefano Cugurra.

Persija (4-5-1): Shahar Ginanjar; Dany Saputra, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto (Ismed Sofyan); Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan (Bambang Pamungkas), Heri Susanto (Fitra Ridwan ’90). Pelatih: Ivan Kolev.