Thursday, 19 September 2019

Hingga Musim Berakhir, Semuanya Masih Bisa Terjadi di Liga Inggris

Senin, 29 April 2019 — 6:00 WIB
Pemain-pemain Manchester City rayakan kemenangan (reuters)

Pemain-pemain Manchester City rayakan kemenangan (reuters)

INGGRIS- Liga Primer menyisakan dua laga untuk mengakhiri musim ini. Liga paling sulit di Eropa itu kembali menunjukkan kehebatannya.

Betapa tidak, hanya dari Liga Inggris yang mampu menempatkan dua tim semifinalis Liga Champions yaitu Liverpool dan Tottenham Hotspur. Bahkan di perempat final, wakil liga dari kampung Ratu Elisabet itu menempatan wakilnya. Sayang dua tersingkir yakni Man City dan MU.

Jika di liga lain gelar sudah ditentukan sebelum musim berakhir, tidak demikian di Liga Primer. Di Serie A sudah ada juara ketika laga masih tersisa delapan kali, di Liga Spanyol di sisa tiga laga Barcelona sudah juara. Demikian juga di Liga 1 Prancis, PSG sudah memastikan kembali jadi juara musim ini.

Tidak itu saja, Juventus, Barcelona dan PSG dengan mudahnya mempertahkan gelar, namun di Liga Inggris Manchester City sang juara bertahan nasibnya belum jelas karena masih bersaing ketat dengan sang penantang Liverpool.

Hingga laga ke-36 yang sudah dilakoni, keduanya hanya berselisih satu poin dan City sementara unggul. Ini berarti hingga musim ini berakhir 12 Mei nanti belum ada yang bisa memastikan diri jadi juara.

Tidak hanya menentukan siapa juara sulit di Liga Inggris. Agar bisa masuk empat besar saja perlu perjuangan keras.

Hingga kini ada empat tim yang siap saling bunuh agar bisa masuk ke posisi tiga dan empat sehingga musim depan berhak berlaga di Liga Champions.

Keempat tim itu Tottenham Hotspur, Chelsea, Arsenal dan Manchetser United. Ini terjadi karena selisih gol sangat tipis.

Hotspur di peringkat ketiga memiliki 70 poin, di bawahnya Chelsea 68 poin, lalu Arsenal 66 poin dan MU 65 poin. Jika ingin lolos keempat tim ini harus berjuang di sisa dua laga memperebutkan enam poin.

Dan di Liga Inggris semua masih mungkin terjadi. Termasuk yang bakal masuk zona degradasi alias tergusur musim ini. Dua tim yakni Brighton dan Cardiff masih bisa saling gusur.

Brighton yang berada di peringkat ke-17 batas lolos dari zona degradasi baru memiliki 35 poin hanya berjarak empat angka dari Cardiff. Jika Cardiff memenangi dua laga sisa sedangkan Brighton kalah tentu yang berhak berlaga di Liga Inggris musim depan adalah Cardiff. Liga ini memang sulit ditebak. (b)