Thursday, 19 September 2019

Tiket Pesawat Tak Kunjung Turun, Menhub Minta Bantuan Dua Menteri

Senin, 29 April 2019 — 20:51 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

JAKARTA  – Menteri Perhubungan terkesan menyerah tarif pesawat udara tidak kunjung turun berdampak signifikan terhadap inflasi yang menjadi concern pemerintah dari sisi perekonomin.

Menhub Budi Karya bahkan telah meminta bantuan dua menteri, yakni Menko Perekonomian dan Menteri BUMN guna mengatasi tarif tiket pesawat yang mahal tersebut.

Hal itu terungkap ketika Budi Karya membawa masalah tersebut ke meja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Dalam rapat koordinasi persiapan Ramadhan  dan Lebaran 1440 Hijriah yang digelar di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Menhub menyatakan masih ada masalah dengan  harga tiket pesawat yang masih tetap mahal yang dikhawatirkan akan berpengaruh kepada peningkatan jumlah pemudik pengguna jasa transportasi udara.

Budi Karya mengaku telah menyampaikan permintaan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agat  turut serta mengatur tarif maskapai, khususnya Garuda Group.

Menurut Budi, Garuda merupakan  market leader. Kalau dia menetapkan tarif batas atas, maka yang lain ikut. Tapi kalau dia turun sebagian, maka yang lain juga akan turun.

Budi Karya mengaku saat rapat kordinasi (rapat koordinasi) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) setelah melaporkan ke Menko Perekonomian bahwa tiket tidak turun-turun,  Darmin Nasution  menjawab OK, dan nantinya menko akan bantu menyelesaikan.

Darmin sendiri mengungkapkan kalau Menhub Budi Karya telah menyerah dan menyerahkan kepihaknya untuk  mengambil alih.

MenuritbDarmin Kementerian perhubungan sudah sulit menyelesaikannya. Saat ini pihaknya belum memetakan solusi untuk permasalahan mahalnya tarif tiket pesawat ini.

Rencanannya pekan ini, Kemenko Perekonomian akan melaksanakan rapat bersama Kemenhub, Garuda Indonesia  dan Kementerian BUMN yang akan dihadiri  Rini Soemarno, Menteri BUMN] kita undang. (dwi/win)