Sunday, 15 September 2019

Aksi May Day di Patung Kuda, Massa Buruh Tuntut Bubarkan BPJS

Rabu, 1 Mei 2019 — 10:10 WIB
Massa buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) menuntut bubarkan BPJS. (cw6)

Massa buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) menuntut bubarkan BPJS. (cw6)

JAKARTA – Massa buruh mulai berdatangan di Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019) pagi. Di antaranya rombongan dari Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Pantauan Poskotanews di lokasi, massa buruh selain berjalan kaki juga terlihat membentangkan beberapa spanduk. Salah satu spanduk yang mencuri perhatian ialah bertuliskan ‘Bubarkan BPJS’.

Adapun spanduk lainnya yang bertuliskan pemintaan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan.

Alasan SPN menuntut bubarkan BPJS lantaran mereka mamandang pelayanan jaminan sosial yang diberikan kepada mereka dirasa masih setengah hati. Bahkan, menurut mereka, uang buruh dibagi-bagi untuk membangun konstruksi bangunan kapitalis berwujud BPJS Ketenagakerjaan.

Tak hanya itu, mereka pun merasa terbebani dengan wajibnya membayar angsuran BPJS Kesehatan. Padahal, menurut mereka, pelayanan BPJS Kesehatan sangat tidak profesional dan selalu menyisakan masalah.

Aksi May Day tahun ini akan digelar di sejumlah lokasi. Selain di Patung Kuda, aksi May Day juga akan digelar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. (cw6/ys)