Thursday, 23 May 2019

Kiat Bugar Dalam Menjalankan Ibadah Puasa

Jumat, 3 Mei 2019 — 10:52 WIB
ilustrasi

ilustrasi

Tiga hari lagi Ramadhan tiba. Sudah siapkan fisik kita menjalani ibadah puasa?

Di bulan puasa  dimana kita harus menahan lapar dari subuh hingga magrib, akan terasa  nikmat  jika kita dapat tetap menjalani aktifitas sehari-hari dengan kondisi tubuh yang fit dan selalu segar di bulan penuh berkah ini.

Bagi sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa dengan tidur atau berdiam diri di rumah, mungkin bulan puasa menjadi tidak terasa berat, namun bagaimana dengan kita yang harus tetap bekerja dan produktif?

Agar kita bisa tetap fit dan bugar meski tetap beraktifitas bekerja atau sekolah, berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan:

Kurangi Konsumsi yang Bersifat Adiktif

Rokok, kopi, dan sederet nama lainnya merupakan hal yang lumrah dikonsumsi.  Namun, selama bulan Ramadhan, lebih baik dikurangi.

Mulai dengan langkah kecil, misalnya mengkonsumsi cukup 1 cangkir kopi selama 2 hari, akan mempermudah proses ibadah puasa karena tubuh akan perlahan berhenti “meminta” asupan kafein.

Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat adiktif juga akan memperberat proses berpuasa akibat keinginan untuk mengkonsumsinya lagi dan lagi. Jadi, ambil langkah pertama dan mulai kurangi untuk meringankan ibadah puasamu nanti.

Konsumsi Banyak Cairan Sebelum Puasa

Menahan lapar itu tidak  seberapa dibanding menahan haus. Di  kota-kota Indonesia yang terbilang panas dan lembab jelas tidak mudah  berpuasa menahan dahaga. Karena itulah, konsumsi banyak cairan sebelum puasa adalah poin persiapan Ramadhan yang vital dalam menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah.

Mulai dengan menenggak satu gelas air di waktu berbuka sebelum mulai bersantap, dan dua gelas atau lebih sebelum waktu Imsak tiba saat sahur. Dengan ini, tubuh akan lebih lama terhidrasi selama bulan puasa.

Siapkan bahan makanan yang cukup

Poin ini penting terutama untuk para bapak-ibu di luar sana yang sering menyiapkan makanan takjil atau menu berbuka dan sahur untuk keluarga setiap harinya.

Bagi yang sibuk, mungkin aplikasi belanja online bisa menjadi pilihan untuk membeli kebutuhan berbuka dan sahur.

Atur jadwal tidur

Mulai biasakan tidur lebih awal untuk pastikan asupan energimu cukup untuk hadapi apapun aktivitas yang menunggumu. Minggu ini adalah waktu yang tepat untuk mulai latihan mengatur jadwal tidurmu, agar saat bulan puasa datang, kamu sudah terbiasa dan ibadah puasa pun dapat kamu jalankan tanpa halangan.

Sahur

Sebaiknya hindari makanan yang manis dan mengandung terlalu banyak gula saat Sahur, karena dapat menyebakan tubuh lemas pada siang hari.

Minumlah susu karena susu dapat mencegah anemia, yang menyebabkan badan lemas ketika berpuasa.

Siapkan menu Sahur yang mengandung banyak air dan konsumsi buah segar ataupun jus, agar tidak terserang dehidrasi saat berpuasa, dan BAB Anda tetap lancar.

Hindari makanan cepat saji seperti gorengan atau makanan pedas yang dapat mengganggu pencernaan pada siang hari.

Tidak usah terburu-buru. Saat beraktifitas, kerjakan tugas-tugas dengan perlahan tapi pasti. Pekerjaan yang menumpuk dapat membuat stress, lalu membuat otak lelah. Akhirnya, perut terasa lebih lapar.

Istirahatlah sejenak. Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan tidur selama 15 menit untuk membangkitkan semangat.

Jangan lupa berolahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh.

Waktu Berbuka

Segeralah berbuka dengan makanan dan minuman yang manis, namun jangan terburu-buru dan terlalu banyak. Dahulukan dengan sholat Magrib agar perut tidak kaget.

Perhatikan waktu pulang kantor. Jika perkiraan Anda akan berbuka dijalan, siapkan  ta’jil seperti kurma dari sebelum Anda berangkat pulang. Kurma adalah makanan yang baik untuk berbuka dan sangat simple sehingga mudah dibawa.

Semoga dengan sejumlah tips  berpuasa ini dapat membantu Anda untuk tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa! (tri)