Friday, 20 September 2019

Bawaslu akan Tentukan Laporan BPN Soal Situng Besok

Minggu, 5 Mei 2019 — 12:41 WIB
Ketua Bawaslu Abhan (batik cokelat) dan Ketua KPU  saat memantau ruang server KPU. (Yendhi)

Ketua Bawaslu Abhan (batik cokelat) dan Ketua KPU saat memantau ruang server KPU. (Yendhi)

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menentukan tindak lanjut laporan tim Badan Pemenangan Pemilu (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Laporan BPN tersebut terkait dengan klaim temuan 73 ribu  kesalahan input data yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam Situng alias real count.

Ketua Bawaslu, Abhan, mengatakan pihaknya tengah mempelajari dan mengkaji laporan tersebut .

“Ada 2 laporan dari BPN ke kami, pertama terkait dengan Situng dan kedua terkait dengan lembaga survei quick count, ini sedang kami pelajari,” katanya kepada wartawan, Minggu (5/5/2019).

Abhan menjelaskan Bawaslu akan melakukan sidang pendahuluan untuk menentukan apakah laporan BPN bisa ditindaklanjuti atau tidak. Dia menambahkan sidang akan dilakukan besok, Senin (6/5/2019).

“Nanti hari Senin kami akan melakukan sidang dengan putusan pendahuluan. Apakah laporan itu dilanjutkan dengan proses pemeriksaan lebih lanjut, atau berhenti sampai pada pembacaan putusan pendahuluan. Itu senin nanti,” terangnya.

Sebelumnya Badan Pemenangan Pemilu (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mengklaim menemukan 73 ribu kesalahanninput data Situng KPU. BPN melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu. Kubu Prabowo pun mendesak KPU menghentikan proses Situng. (ikbal/tri)