Sunday, 15 September 2019

Tiba di PN Jaksel, Jokdri Bungkam

Senin, 6 Mei 2019 — 15:09 WIB
Mantan Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono tiba di PN Jaksel untuk menjalani sidang perdana. (yendhi)

Mantan Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono tiba di PN Jaksel untuk menjalani sidang perdana. (yendhi)

JAKARTA – Terdakwa Joko Driyono (Jokdri) menghadiri sidang perdana atas kasus dugaan perusakan barang bukti pengaturan skor sepak bola Indonesia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (6/5/2019).

Mantan Plt. Ketua Umum PSSI itu akan menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan. Dia datang dengan didampingi oleh pegawai kejaksaan pada pukul 14.35 WIB.

Mengenakan batik hijau dengan kedua tangan diborgol, Jokdri enggan menanggapi sejumlah pertanyaan dari awak media baik persiapan menghadapai sidang dan kasus yang melilitnya. Sesekali dia menunduk dan memilih bungkam.

Jokdri semula langsung dibawa menuju Ruang Sidang Utama Prof. H. Oemar Seno Adji, seperti diketahui agenda awal persidangan dimulai pukul 13.00 WIB. Namun, Jokdri kembali dibawa ke ruang tahanan PN Jaksel karena ruang sidang masih digunakan untuk mengadili terdakwa lainnya.

(BacaHari Ini Jokdri Mantan Bos PSSI Mulai Diadili)

Dalam kasus ini, Jokdri disebut memiliki peran dalam pengaturan skor, dia ditetapkan tersangka oleh polisi karena diduga merusak barang bukti terkait dugaan pengaturan skor. Kasus mulai diusut Polisi sejak akhir Desember 2018, atas laporan eks Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indaryani.

Atas dasar itu, Jokdri disangkakan melanggar Pasal 363 ke-3e dan 4e KUHP atau Pasal 235 KUHP atau Pasal 233 KUHP atau Pasal 232 KUHP atau Pasal 221 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (yendhi/ys)